BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Sumber daya komputer bukan hanya
terdapat pada meja, tetapi juga meliputi peranti keras dan peranti lunak serta
file-file yang diakses melalui sebuah jaringan. Sumber daya komputer yang kita
gunakan sering terhubung melalui sebuah jaringan. Kecepatan dan biaya
komunikasi dan prosesor komputer mempengaruhi penggunaan sumber daya. Harga
akan terus mengalami penurunan dan pada kenyataannya, kekuatan komputer meningkat
dua kali lipat setiap 18 bulan untuk harga yang sama. Sebaliknya dalam waktu 18
bulan kita dapat membeli sebuah komputer dengan tingkat kecepatan yang saat ini
dengan setengah harga. Intensif untuk menghubungkan komputer micro melalui
jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan laba yang lebih
tinggi.
Manajer yang dapat saling berbagi
informasi berbasisi komputer dengan
cepat dan mudah akan mengambil keputusan
yang lebih baik dan lebih cepat dari pesaingnya. Bisnis tidak akan dapat
bersaing secara efektif tanpa mampu berbagi informasi berbasis komputer yang
dimilikinya dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan. Standar teknologi
selalu berubah, perusahaan yang dapat melihat ke masa depan.
B. Rumusan
Masalah
Yang
menjadi rumusan masalah dalam makalah ini ialah:
1.
Bagaimana
yang dimaksud dengan Piranti Keras dalam sumber daya komputasi?
2.
Apa-apa
saja yang termasuk alat-alat komputasi pribadi?
3.
Bagaimana
yang dimaksud dengan Piranti Lunak dalam sumber daya komputasi?
4.
Apa
yang dimaksud dengan Komunikasi?
5.
Apa-apa
saja jenis –jenis jaringan?
C. Tujuan
Penulisan
1.
Untuk
mengetahui bagaimana piranti keras dalam sumber daya komputasi
2.
Untuk
mengetahui apa saja yang termasuk kedalam alat-alat komputasi pribadi
3.
Untuk
mengetahui bagaimana yang dimaksud dengan Piranti Lunak
4.
Untuk
mengetahui apa yang dimaksdu denga komunikasi
5.
Untuk
mengetahui jenis-jenis jaringan
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PERANTI
KERAS
Komputer memiliki bermacam-macam
kecepatan dan harga namun semua memiliki fitur-fitur yang umum. Fitur-fitur
yang menjadi perhatian ialah prosesor, memori, kapasitas penympanan dan alat
input dan output. Semua komputer untuk tujuan umum memiliki jenis-jenis
komponen yang sama yakni komponen-komponen yang lebih besar memiliki komponen
yang lebih banyak dan lebih cepat daripada komputer micro.
Komputer-komputer besar yang menjalankan
kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut
sebagai komputer mainframe atau mainframe yang mendukung ratusan atau
ribuan pengguna dan operasi seccara langsung. Komputer micro muncul ketika
komputer digunakan oleh satu orang dan disebut sebagai komputer pribadi atau personal computer (PC). Dewasa ini
kekuatan komputer micro telah berkembang dan tersambung dengan komputer lain
melalui internet namun sering disebut sebagai PC karena sering digunakan oleh
satu orang yang melakukan tugas komputer dalam jumlah terbatas.
Tabel komponen-komponen Utama Komputer
Komponen
|
Uraian
|
Prosesor (CPU)
|
Mengendalikan kalkulasi, mengendalikan
perbandingan secara logis, mengarahkan dan mengendalikan pergerakan data dari
satu lokasi ke lokasi lain di dalam komputer.
|
Memori (random access memory atau ruang penyimpanan primer)
|
Memori yang terletak pada papa sirkuit
utama komputer yang disebut motherboard.
Data dalam memori akan hilang jika daya untuk komputer dimatikan.
|
Ruang penyimpanan (ruang penyimpanan disk atau ruang penyimpanan sekunder)
|
Memori yang terletak pada suatu alat
yang tidak terdapat pada papan sirkuit utama. Kebanyakan jenis penyimpanan
ini dapat dilepaskan dan dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer
lain. Data yang disimpan tidak akan hilang ketika daya komputer dimatikan.
Alat penyimpanan yang umum ialah floppy
dick atau CD.
|
Alat input (input device)
|
Suatu alat yang menagkap data oleh
metode manual atau elektronik dan mengirimkan data ke ruang penyimpanan atau
memori. Alat input yang umum ialah keyboard,
mouse dan pemindai.
|
Alat Output (output device)
|
Suatu alat yang menyajikan dan/atau
mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat output yang umum ialah
monitor, komputer, printer, CD dan pengeras suara.
|
Alat input/output (input/output device)
|
Suatau alat yang dapat melakukan
fungsi input maupun output, contohnya, monitor layar sentuh dan disk penyimpanan seperti floppy disk, Zip disk dan CD yang
dapat diisi ulang.
|
PROSESOR
Prosesor atau disebut juga sebagai unit
pemrosesan pusat atau central processing
unit – CPU ialah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Sebuah prosesor
seperti Pentium Extreme Edition dari Intel mengendalikan kalkulasi dan
perbandingan data secara logis dan juga mengarahkan dan mengendalikan
pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam komputer. Kecepatan
prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan
komputasi.
Kecpatan Prosesor
Kecepatan
prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik dan angka yang telah
berkembang dengan cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan komputer
micro pertamanya. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz) yang
berarti juta siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dialkukannya
aksi seperti menambahkan dua angka.
Ukuran Word
Prosesor-prosesor
pertama disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran
dari satu word. Bit ialah nilai
tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran dari berapa banyak
bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus
komputer. Delapan bit akan membentuk satu bita (byte) dan setiap bita dapat menyimpan satu karakter.
Ukuran word adalah hal yang penting
yang menentukan berapa banyak karakter dapat dipindahkan dalam satu siklus
prosesor. Komputer micro yang pertama memiliki ukuran word sebesar 8-bit tetapi
komputer micro dewasa ini menggunakan ukuran 32-bit. Komputer micro yang
pertama hanya dapat memindahkan satu karakter dengan satu siklus; komputer
micro sekarang dapat memindahkan empat karakter dengan satu karakter dan
semakin lam aakan semakin berkembang.
Kekuatan
Kekuatan komputer dipengaruhi oleh
ukuran word dan kecepatan prosesor.
Perbaikan dalam sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi dikerjakan dalam
siklus yang lebih sedikit. Hukum Moore menyatakan bahwa kecepatan sebuah
komputer akan mengingkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Ini merupakan
kombinasi kecepatan prosesor ukuran word, dan perbaikan sirkuit yang
menghasilkan peningkatan kecepatan yang luar biasa.
Bagi banyak orang, pertumbuhan
kekuatan komputer adalah hal yang sulit untuk dimengerti. Seiring dengan
turunnya harga teknologi informasi, para manajer akan menggunakan lebih banyak
teknologi infomasi dalam membantu pengambilan keputusan yang mengubah car
amereka dalam memecahkan masalah.
MEMORI
Pada
dasarnya, adta disimpan dalam sebuah komputer dalam dua cara yaitu memori dan
penyimpanan. Memori yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM) mengacu pada
area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer.memori ialah barang
yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya dimatikan, yang mencerminkan
fakta bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa dilakukan oleh
prosesor.
Jumlah
memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada
persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori
sebesar 128 hingga 256 megabita (MB) sekitar 256 juta bita. Memori dapat
dianggap sebagai suatu ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor. Lebih
efisien bagi prosesor untuk mengakses dan menggunakan data yang terdapat dalam
memori. Memori telah menjadi lebih cepat agar tetap dapat mengikuti
prosesor-prosesor yang lebih kuat.
RUANG PENYIMPANAN
Ruang
penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda yang
memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas
tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat
berbentuk tetap atau dapat dilepas.
Ruang
penyimpanan tetap (fixed storage)
adalah ruang penyimpanan yang terpasang seccara permanen di daam komputer
seperti hard drive komputer. Media
penyimpanan yang dapat dilepas (removable
storage) biasanya berbentuk sebuah pita, disk, flash drive USB (pen
drive), CD dan media lainnya. Peranti keras komputer yang membaca dari dan
menulis ke media adalah sebuah drive. Media dan drive yang menggunakannya telah
dihubungkan dengan sangat erat sehingga kata-kata tersebut digunakan secara
sinonim oleh banyak pengguna komputer.
Ruang Penyimpanan Tetap
Komputer
micro sering disertai dengan ruang penyimpanan tetap sebesar 80 GB. Mainframe memiliki ruang penyimpanan dalam besaran
terabita bahkan petabita-ribuan kali penyimpanan yang tersedia di sebuah
komputer mikro.
Ruang Penyimpanan yang Dapat Dilepas
Ruang
penyimpanan yang dapat dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali ke
komputer lain.
Tabel Disk yang dapat dilepas dan Kapasitas
Penyimpanannya
Floppy disk 31/2 inchi menyimpan data 1,44 MB
Zip Disk dapat
menyimpan data sebesar 100 MB, 250 MB atau 750 MB tergantung pada model Zip drive yang digunakan
CD dapat
menyimpan data sebesar kurang lebih 650 MB
DVD dapat
menyimpan data mulai dari 5 sampai 20 GB
|
ALAT-ALAT INPUT (INPUT DEVICES)
Komputer
tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis
membutuhkan sejumlah besar alat input dan output dan dikembangkan alat-alat
untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Data
yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi
oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh
monitor dan sebagainya. Input yang diterima dari manusia sangat penting karena
memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
Terdapat dua kendala bagi data yang
diterima dari manusia yakni pertama lambat
dan kedua biasanya tidak dapat
mencapai tingkat akurasi yang tinggi seperti data yang diterima dari mesin.
Kejadian signifikan yang dapat dibaca dengan mesin terjadi ketika bisnis
diharuskan untuk memasang bar code (kode
batang) pada setiap produk yang dijual. Kode tersebut terlihat sebagai
serangkaian garis-garis vertikal, beberapa garis lebih tebal dan lebih tipis
dibandingkan garis yang lain.
Data
yang diterima dari mesin lebih baik daripada data yang diterima dari manusia
karena komputer akan memasukkan data dengan biaya yang lebih rendah. Bisnis
membutuhkan data akurat dalam jumlah yang besar untuk proses pengambilan
keputusan. Alasan utama bagi data yang diperoleh dari mesin ialah kecepatan dan
keakuratan proses penerimaan data. Biaya yang rendah hanyalah merupakan
keuntungan tambahan.
ALAT-ALAT
OUTPUT (OUTPUT DEVICES)
Dua
alat output yang paling dikenal ialah layar komputer atau sering disebut monitor dan printer. Gambar pada layar komputer
dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar (screen resolution) mengacu pada jumlah piksel, titik-titik cahaya
yang terdapat pada monitor yang ditampilkan layar. Resolusi layar yang tinggi
memungkinkan penggunaan cukup banyak icon secara praktis sehingga antarmuka
pengguna berbentuk grafis atau graphical
user interface (GUI) telah menjadi antarmuka yang dominan. Ukuran monitor
diukur dari garis diagonal layar. Monitor dengan diagonal berukuran 17 dan 19
inchi adalah hal yang umum pada komputer-komputer yang populer saat ini.
Printer
memiliki keunggulan serupa dengan monitor. Printer umum dewasa ini menggunakan
teknologi laser atau tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin
fotocopy, sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas. Keunggulan
printer tinta ialah bahwa printer ini secara mekanis kecil dan biasanya
memiliki biaya yang lebih rendah dari
printer laser. Printer tinta memiliki
keunggulan praktis diatas printer laser dimana printer ini dapat memproduksi output
berwarna dengan biaya relatif rendah. Resolusi pencetakan tinta biasanya adalah
300 hingga 1.200 titik per inchi. Resolusi printer laser biasanya 1.200 titik
per inchi. Printer laser berwarna memiliki kecepatan kurang lebih 20 halaman
per menit sedangkan model yang hanya mencetak hitam dan putih dapat mencetak 50
halaman per menit.
MULTIMEDIA
Evolusi
utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih
dari satu media pada saat yang sama. Sebagian besar penggunaan komputer dewasa
ini tidak akan mendapat akses atau sistem informasi berbasis komputer jika
tidak tersedia multimedia. Bebrapa orang pengguna masih kurang memiliki
pengetahuan, berfungsi pada tingkat pengetahuan yang rendah atau memiliki cacat
fisik. Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki pengetahuan mrginal membutuhkan
kemampuan multimedia dari komputer agar dapat secara efektif menggunakan sumber
daya. Gambar-gambar animasi yang bergerak dari satu langkah ke langkah lain,
kemungkinan dengan suara di latar belakang yang menjelaskan gambar tersebut
dapat memberikan pendidikan bagi kelompok pengguna ini. Kemampuan multimedia
memperluas masyarakat yang mempu berinteraksi yang berarti dengan sumber daya
komputasi.
B. ALAT-ALAT
KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah
lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer mikro pada
awalnya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro
saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, dimana pengguna
hanya menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadi. Kini
masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagi file, dan sumber
lainnya ketika terhubung oleh suatu jaringan. Alat-alat komputasi pribadi
sebagai berikut:
Telepon Seluler dengan
Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan
pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Ericsson dan lain-lain) telah
membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran
kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video
pendek. Telpon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi
bisnis. Seperti adanya daftar kontak yang ada dalam telpon selular yang tidak
hanya mencantumkan nomor, tetapi nama, alamat, alamat e-mail, catatan
dan lebih banyak lagi.
Agenda dan alarm adalah dua fitur
yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional menghadiri banyak rapat,
dan alarm telpon seluler bekerja seperti sebuah jam alarm yang berdering pada
waktu yang telah ditentukan.
Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap
sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika menjalankan
pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo
sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh
informasinya (agenda,nomor telepon,dan banyak lagi )dengan sebuah komputer mikro. Banyak
model Treo maupun BlackBerry
menggunakan protokol telepon seluler digital GSM (Global System of Mobile
Communication). GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang
bersifat digital yang banyak digunakan pada mobile komonication. GSM protokol
yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia.
Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002, dan mulai menjadi
standar di negara tersebut.
Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah
telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang
memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.” Jika anda memiliki
TV kabel, Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda
dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah
Anda. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik
modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke
rumah Anda.
Pemasangan modem
dirumah yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang
berkecepatan tinggi keinternet melalui modem kabel dan DSL. Cara membagi
koneksi untuk beberapa komputer yaitu dengan menggunakan sebuah router nirkabel.
Modem akan tersambung ke router, dan router akan tersambung kekomputer melalui
sebuah jaringan nirkabel.
Keamanan nirkabel harus
memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah bangunan, karena adanya dinding
dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih tiga kali
lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan
nirkabel akan dapat terhubung kerouter jaringan nirkabel anda jika mereka
tinggal atau bekerja dekat dengan anda. Sehingga ketika memasang router,
kemungkinan seseorang akan memasang sandi untuk membatasi jaringan nirkabelnya.
Fitur lain yang perlu
dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan diantara komputer mikro dan
router nirkabel. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan
membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan khusus. Data yang
telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian rupa, sehingga kecil
kemungkinan seseorang akan dapat membaca imformasi yang dikirimkan melalui
jaringan nirkabel.
Keamanan Komputasi
Rumah
Tiga aspek keamanan
memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan dirumah dan
ditempat kerja, yaitu:
Pembaruan. Terdapat dua jenis perbaruan (update), yang
penting bagi pengguna individu. Yaitu update untuk sistem oprasi dan untuk
peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem oprasi yang paling
populer bagi komputer mikro. Meng-update sistem oprasi penting bagi
keamanan dan efisiensi. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru, jika tidak meng-update
mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali. Karena sistem operasi adalah
program-program komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan
peranti lunak, para hacker mencoba terus menerus untuk menipu dan memasukan
peranti lunak yang berbahaya kedalam komputer. Sehingga lakukanlah update sistem
oprasi yang digunakan.
Virus. Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri
dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau
file yang
lama-kelamaan dapat mengambil alih sumber daya komputer
karena begitu banyak program dan file yang terinfeksi dan tidak dapat
dipergunakan kembali.
Worm adalah file atau
program yang berdiri sendiri. Pada umumnya worm ini dianggap sebagai virus,
namun perbedaannya worm tidak tidak menempelkan diri pada program atau file
untuk menggandakan diri atau merusaknya. Worm dapat menghapus file, mengirim e-mail
dan menimbulakan masalah dengan berbagai cara. Virus ataupun worm disebarkan
melalui jaringan. Untuk menghindari hal ini yaitu dengan cara meng-install peranti
lunak antivirus. Karena update peranti lunak antivirus secara rutin sama
halnya seperti meng-update peranti lunak sistem oprasi.
Spyware, Adalah sebuah program
komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang dikerjakan dengan sumber daya
komputer. beberapa spyware membajak browser web anda dengan membawa anda ke
satu situs web tertentu setiap kali anda memasukan satu kalimat untuk
mencari di web. Untuk mengetahui suatu komputer terdapat spyware atau tidaknya
dengan men-download antispyware dan memeriksa komputer anda.
C. PERANTI
LUNAK
Software atau perangkat lunak, adalah
program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna
(user) dan perangkat keras (hardware). Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi.
Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti
lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh
dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem (sistem
software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi,
menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari
satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan
berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak
aplikasi, dan peranti keras.
Contoh-contoh sistem operasi untuk komputer
mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem operasi untuk komputer-komputer
yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih dari satu prosesor pabrikan,
sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer mainframe besar, seperti
OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi dengan pembuat-pembuat
komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi yang tidak biasa dimana
versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro maupun mainframe. UNIX
adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis mempergunakan dan
mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.
UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik
(atau vendor akan mengenakan biaya untuk penggunaan atau pembelian sistem
operasi tersebut). Vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan
menambahkan fitur-fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur-fitur standar
versi UNIX yang gratis. Vendor-vendor ini masih mendistribusikan versi-versi
gratis UNIX (yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara
agresif memasarkan versi-versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya
kepada konsumen.
Semua komputer memiliki sistem operasi, namun
sistem-sistem tersebut bervariasi dalam sejumlah fungsi dasar dan dalam
bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan. Sistem operasi sebuah mainframe
jauh lebih rumit daripada sistem operasi komputer mikro dengan pengguna
tunggal, karena mainframe harus melakukan koordinasi dengan banyak alat-alat
input dan output, juga menangani beberapa pengguna sekaligus.
Peranti Lunak Aplikasi
Ada beberapa macam
peranti lunak aplikasi yaitu:
1. Peranti lunak siap pakai (prewritten application software),
atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the-shelf, diproduksi oleh
pemasok dan di jual kepada pengguna. Pengguna hanya perlu menginstall peranti
lunak di peranti keras mereka, dengan sedikit atau tanpa modifikasi, agar dapat
dipergunakannya. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting
:
·
Peranti lunak siap
pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer
mengembangkannya selama tiga minggu atau enam
bulan.
·
Peranti lunak siap
pakai lebih mudah dari pada peranti lunak
khusus.
Pengguna akhir membuat
peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan
dalam tugas-tugas pekerjaan. Seluruh
bisnis tahu bahwa pengembangan produk memiliki biaya tetap dan juga biaya
variabel. Karena biaya tetap pengembangan begitu tinggi bagi kebanyakan peranti
lunak aplikasi, dibandingkan dengan biaya variabel dalam memasarkan dan
mendistribusikannya, biaya akhir bagi bisnis karena mempergunakan peranti lunak
siap pakai menjadi tidak begitu besar, karena biaya pengembangan akan disebat
di antara banyak pengguna. Peranti lunak aplikasi siap pakai sangat menarik
bagi bisnis-bisnis lebih kecil yang memiliki jumlah karyawan yang terbatas
untuk menulis program-program komputer.
2. Peranti lunak aplikasi khusus (custom aplications software).
Terkadang sebuah organisasi memiliki oprasi yang unik. Dalam kasus-kasus
seperti ini, bisnis mungkin memiliki programer atau sekelompok programer
konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya.
Peranti lunak seperti ini disebut dengan peranti lunak aplikasi khusus.
3. peranti lunak yang ditulis oleh pengguna. Pengguna akhir membuat
peranti lunak aplikasi dalam penjumlahan signifikan yang dapat mereka
pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat para
pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi
tersebut dibutuhkan.
Peranan Peranti Lunak
yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak komputer
yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah
digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki
suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa
aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat
mempergunakannya.
Karakteristik aplikasi
yang mudah digunakan adalah sebagai berikut:
·
Dialog yang dipandu
untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format
data yang diminta, dan masalah-masalah lainnya yang serupa
·
Menu, daftar
perintahdengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah, dan icon: banyak cara
untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang
masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak
pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
·
Pola dan formulir-formulir
isian
·
Bantuan yang sensitif
pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu
di mana pengguna mengalami kesulitan, yang membutuhkan program komputer untuk
tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna
berasal
·
Antarmuka berbentuk
grafis dengan cara menggunakan simbol-simbol terstandardisasi; pengguna
hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika
setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat standarisasi dalam arti dan penggunaan icon
serta lokasinya pada antarmuka diantara berbagai jenis aplikasi.
D. KOMUNIKASI
Kecepatan transmisi
dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali
lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri.
Alasannya adalah karena protokol untuk komunikasi sistem telepon publik
dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran
komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam
pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralata komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang yang
menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol
untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi
suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang dibutuhkan untuk
komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk
transmisi data komputer. macam-macam koneksi sebagai berikut:
Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan
56 Kbps (56.000), alat untuk menghubungkan komputer melalui saluran telpon
standar.
Modem kabel memilki kecepatan 2 Mbs, yang merupakan alat yang menghubungkan ke kabel
coaxial yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk
mendapatkan akses internet.kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan
kecepatan 2Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam
iklan-iklan penyedia TV kabel.
Jaringan layanan
digital terintegrasi (Integrated Services
Digital Network), sebuah koneksi dengan menggunakan saluran telpon standar
sebagai saluran terpisah yang masing-masing berkomunikasi pada kecepatan
saluran-saluran ini digabungkan sehingga gabungan dasar “dasar” dari dua
saluran akan menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 128 Kbps. Gabungan yang
paling sering adalah 23 saluran, yang menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar
1.5 Mbps.
Saluran berlangganan
digital (Digital Subcriber
Line), memiliki kecepatan 32 Mbps hal ini merupakan teknologi yang serupa
dengan ISDN tetapi lebih canggih dalam mengambil kuntungan dari kemampuan
kecepatan berkomunikasi saluran telepon.
Saluran Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi
Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh
penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis
saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Yang masing-masing
memiliki kecepatan tranmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps, dan dapat
mentranfer data dengan kecepatan 43 Mbps.
Saluran T-1 dan T-3
keduannya merupakan kumpulan dari koneksi 64 Kbps diantara dua peralatan
komunikasi telepon. Karena keduanya merupakan kumpulan dari koneksi tersebut
maka salurannya dapat dikomplekskan. Jadi mereka dapat dipecah menjadi
jalur-jalur komunikasi yang terpisah. Saluran T-1 sering digunakan oleh
organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang tinggi, sedangkan
saluran T-3 biasanya digunakan untuk para penyedia layanan.
Jaringan Pribadi Maya
(Virtual Private Networks)
Saluran pribadi mahal
biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran
pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang
berada pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan kecepatan saluran
pribadi namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang berbiaya rendah
yaitu dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks—VPN)
untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan
penyediaan layanan Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft
dan Cisco Syistem, sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti
lunak-peranti lunak terkait mendukung peranti lunak tunneling.
Komunikasi-Jaringan
Peranti lunak tunneling
hanya mnciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang
akan mnyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi tetap dijaga
karena tunnel tersebut tidak dibuat kecuali jika komputer pengirim dan
penerima saling mengonfirmasikan kebenaran masing-masing.
International
organization for standardization didirikan pada tahun
1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem
Terbuka (Open Systems Interconnection—OSI) bagi koneksi-koneksi
jaringan. OSI terdiri atas tujuh model lapisan yang ditampilkan dalam tabel
dibawah ini:
LAPISAN
|
NAMA LAPISAN
|
TUJUAN
|
7
|
Lapisan Aplikasi
|
Melaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi
|
6
|
Lapisan Presentasi
|
Mengelola konversi penyajian data
|
5
|
Lapisan Sesi
|
Membuat dan memlihara saluran komunikasi
|
4
|
Lapisan transfor
|
Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke
ujung
|
3
|
Lapisan jaringan
|
Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat
jaringan yang lain
|
2
|
Lapisan link data
|
Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat
jaringan yang lain
|
1
|
Lapisan fisik
|
Menyimpan dan mengambil data dari media jaringan
|
Protokol untuk
Komunikasi Komputer
Komputer pada
awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain, dan
hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memilki
ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan alat memasukan dan
menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari
keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya karena perusahaan
tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai
tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain
mulai mengembangkan protokol komunikasi.
IBM
menciptakan System Network Architecture sebagai satu protokol miliknya
pada tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan
komputer mikro. IBM juga menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu
atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras.
Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol miliknya yang tidak
mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi kekomputer-komputer
lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).
Protokol
peer to peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai
pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol ini lingkaran tanda
(token ring), karena satu tanda token logis akan diedarkan diantara sesama
komputer. komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk
mengendalikan komunikasi.
Xerox
mengembangkan satu arsitektur komunikasi peer-to-peer yang berbeda
pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama dengan intel dan digital
equipment corporation, mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol
terbuka bagi kiomunikasi peer-to-peer. Berbeda denga token ring milik
IBM, Ethernet bekerja dijalur tranmisi tunggal, tidak ada token yang diedarkan
untuk menentukan komputer mana yang mengendalikan media komunikasi.
Paket
Paket data adalah satu
bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat
komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya. Salah satu protokol
penggantian paket yang lebih penting adalah transmision control protokol.
Alamat Jaringan
Internet
Untuk menjalankan
paket-paket melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus
memiliki suatu alamat yang unik. ketika menjalankan paket-paket di Internet
maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka
(yang masing-masing antara 0 hingga 255), yang dipisahkan oleh titik.
Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host,
subjaringan, dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh, alamat IP untuk
University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.
E. JENIS-JENIS
JARINGAN
Meskipun banyak pengguna merasakan sepertinya
hanya terdapat satu jaringan, yaitu Internet, terdapat beberapa jenis jaringan
yang membangun blok-blok yang bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet.
Internet itu sendiri hanyalah satu jaringan dari jaringan-jaringan lain.
Memahami bermacam-macam jenis jaringan
merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peranan yang
berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan
secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Sebagai analoginya adalah tata
ruang gedung yang di tempati oleh sebuah perusahaan.
Untuk
dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer,
printer, atau alat-alat lain yang serupa harus terpasang pada media komunikasi
melalui kartu antarmuka jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau network
interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data
yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.
Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau Local
Area Networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya
(seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama. Media ini
biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media
lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik
berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan
alat-alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.
Sebagai
aturan umum, LAN mencakup jarak total sebesar kurang dari satu setengah mil,
dengan jarak diantara kedua alat tidak lebih dari 60 kaki. Jarak ini hanya
merupakan panduan, karena spesifikasi yang dikarenakan oleh jenis media
komunikasi, NIC yang digunakan, dan peranti lunak LAN akan menentukan jarak
nyata yang dibutuhkan. Kecepatan data transmisi saat ini di dalam LAN biasanya
berjalan dari 10 juta hingga 1.000 juta bit per detik (10 Mbps hingga 1 Gigabit
per detik). LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi: LAN tidak memindahkan
data melalui sistem telepon publik.
Peranti keras jaringan komunikasi
NAMA
|
URAIAN
|
HUB
|
Alat
yang menerima paket data dari sebuah komputerpada satu ujung jari-jari
top[ologi bintang dan menyalin isinya kepada seluruh alat yang lain.
|
REUTER
|
Alat
yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya memancarkan kembali data tetapi
juga mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket komunikasoi
agar menentukan LAN mana yang akan menerima data.
|
SWITCH
|
Switch
menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut tidak akan
berisi computer yang dituju. Sebagai hasil dari penyaringan akan
menghilangkan lalu lintas data yang tidak perlu untuk menjadikan komunikasi
lebih efisien.
|
Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area
Luas
Jaringan Area
Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu
jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30mil. Jarak yang
di jangkau ini membedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan
jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalan gedung ( seluruh
departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama,
seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum
dari MAN.
Jaringan area luas atau wide area network
(WAN)
Digunakan untuk
menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi
batasan LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik.
Dengan koneksi Internet yang semakin meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk
tujuan kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.
Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi
berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan
aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya,
internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika
memiliki satu LAN dinsatu suit kantor dan LAN disuit kantor lainnya , ana dapat
menggabungkan keduannya, sehingga mencipatkan suatu internet.
Intranet
Organisasi
dapat membatasi akses kejarinagn mereka hanya kepada anggota-angota organisasi
dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan protokol jaringan yang sama
dengan internet. Namun membatasi akese kesumber daya komputer hanya pada
sekelompok orang terpilih didalam organisasi.
Ekstranet
Beberapa
pengguna dalam suatu jaringan yang memilki otorisasi bisa jadi berada diluar
batas perusahaan. Koneksi kepengguna di luar perusahaan kemungkinan besar akan
dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup
pengguna-pengguna diluar perusahaa, maka disebut sebagai ektranet.
KONVERGENSI
KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat komputasi dan
alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara
keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai,
kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta
imajinasi pengguna. Semua komputasi akan dikerjakan oleh prosesor komputer yang
ter dapat di dalam telepon Anda
Voice over internet protocol adalah
perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap
sinyal suara yang dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan
dimaiknkan kembali pada pengeras suara.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Komponen perangkat keras computer terdiri dari prosesor, memori, ruang
penyimpanan alat input, alat outputdan alat input/output. Alat-alat komputasi
pribadi adalah telpon selular dengan pesan video interaktif, telpon selular
cerdas, jaringan rumah,
Perangkat lunak terdiri dari peranti lunak sitem dan peranti lunak aplikasi,
yang terbagi menjadi bebrapa bagian yaitu siap pakai, khusu dan ditulis oleh
pengguna. Jenis-jenis jaringan komputasi Lokal Area Network, Metropolitan Area
Network, dan Wide area network.
Dengan adanya sumber komputasi maka komunikasi
pun berjalan. Dengan adanya jaringan-jaringan para manajer dapat mengunakan
waktunya secara efektif dan efisien khususnya dalam pengambilan keputusan yang
akurat dan tepat. Komunikasi membutuhkan standar karena berbagai perusahaan
peranti keras komputerdan telepon harus mempunyai penyajian data yang sama dan
dapat dipahami disepanjak pergerakan media komunikasi. Untuk mencapai
komunikasi yang baiok maka dari sumber komputasi harus memilki alat-alat yang
cepat, dan aman.
DAFTAR PUSTAKA
Reymond, MC Leod. 2009.
Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar