BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Selama
beberapa tahun terakhir ini, topik keunggulan kompetitif telah menjadi fokus
dari banyak diskusi. Keunggulan
kompetitif dapat dicapai melalui pengolahan sumber daya fisik, akan tetapi
sumber daya virtual ternyata juga dapat memainkan peranan yang besar. Michael
E. Porter diakui sebagai orang yang paling banyak mengungkapkan konsep keunggulan
kompetitif dan mengontribusikan pemikiran-pemikiran mengenai rantai nilai
(value chain) dan sistem nilai (value system), yang setara dengan melihat
sesuatu secara sistem atas perusahaan dan lingkungannya. Integrasi antara model
sistem umum dan model delapan unsur lingkungan akan menjadi suatu dasar dari
suatu konsep yang menerima banyak perhatian dewasa ini manajemen rantai pasokan
(supply chain management).
Sumber daya informasi sebuah perusahaan
meliputi peranti keras, peranti lunak, spesialis informasi, pengguna,
fasilitas, basis data (database), dan informasi. Informasi memiliki empat
dimensi yang diinginkan, relevasi, akurasi, ketepatan waktu, dan kelengkapan.
Manajemen pengetahuan menyadari bahwa informasi akan mencerminkan sumber daya
pengetahuan perusahaan. Manajemen pengetahuan dibutuhkan untuk
mengorganisasikan, mengakses dan mengungkit data dan informasi perusahaan untuk
pengambilan keputusan.
Sebuah
rencana strategis untuk sumber daya informasi akan mengidentifikasikan tujuan-tujuan
yang harus dipenuhi oleh sistem informasi perusahaan di tahun-tahun mendatang
dan sumber daya informasi yang akan diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan
tersebut.
B. RUMUSAN
MASALAH
Adapun
rumusan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah system umum dalam
perusahaan ?
2.
Bagaimanakah kedudukan perusahaan dalam
lingkungannya ?
3.
Bagaimana aliran sumber daya lingkungan
(environmental resource flows)
4.
Bagaimanakah mengelola aliran sumber
daya fisik-manajemen rantai pasokan ?
5.
Bagaimana cara perusahaan mengetahui
dimensi-dimensi keunggulan kompetitif?
C. TUJUAN
PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini
adalah :
1. Untuk menyelesaikan tugas kelompok
mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
2. Untuk mengetahui model system umum
perusahaan.
3. Untuk memahami kedudukan perusahaan
dalam lingkungannya.
4. Memahami delapan model unsure
lingkungan sebagai suatu kerangka untuk memahami lingkungan dari suatu
organisasi bisnis.
5. Untuk memahami bahwa manajemen
rantai pasokan akan melibatkan perencanaan dan koordinasi sumber-sumber daya
fisik yang mengalir dari pemasok perusahaan, melalui perusahaan, dan kepada
para pelanggan perusahaan.
6. Untuk mengetahui dimensi-dimensi
keunggulan kompetitif.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PERUSAHAAN
DAN LINGKUNGAN
Sebuah perusahaan adalah suatu sistem fisik yang dikelola
melalui pengguna sebuah sistem virtual. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya
dan lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, dan
mengembalikan sumber daya yang diubah kembali ke lingkungan.
MODEL
SISTEM UMUM PERUSAHAAN
Lingkungan
|
|
Data
Gambar 1. Model Sistem Umum Perusahaan
Gambar tersebut menunjukkan aliran
sumber daya dari lingkungan melalui perusahaan dan kembali kelingkungan. Aliran
sumber daya fisik berada dibagian bawah ; aliran sumber daya virtual berada
dibagian atas. Bagian ini menggambarkan model sistem umum perusahaan, yang
menampilkan arsitektur bagian seluruh jenis organisasi dalam bentuk sebuah
sistem.
ALIRAN
SUMBER DAYA FISIK
Sumber daya fisik sebuah perusahaan meliputi pegawai, bahan baku,
mesin dan uang. Pegawai dipekerjakan oleh perusahaan, diubah ke tingkat
keahlian yang lebih tinggi melalui pelatihan dan pengalaman, dan pada akhirnya
meninggalkan perusahaan. Bahan baku memasuki perusahaan dalam bentuk input
mentah dan diubah menjadi barang jadi, yang kemudian dijual kepada para
pelanggan perusahaan. Mesin dibeli, digunakan, dan pada akhirnya dijual dalam
bentuk besi tua atau ditukar dengan mesin yang lebih baru. Uang memasuki
perusahaan dalam bentuk penerimaan penjualan, investasi pemegang saham, dan
pinjaman lalu diubah menjadi pembayaran kepada pemasok, pajak kepada
pemerintah, dan pengambilan kepada para pemegang saham. Ketika berada di dalam
perusahaan, sumber daya fisik dipergunakan untuk menghasilkan produk dan jasa
yang dijual oleh perusahaan kepada para pelanggannya.
ALIRAN
SUMBER DAYA VIRTUAL
Pada gambar 1 menunjukkan aliran dari sumber daya virtual:
Data, informasi, dan informasi dalam sebuah keputusan. Aliran dua arah, data
dan informasi yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya ditunjukkan
sebelah kanan.
MEKANISME
PENGENDALIAN PERUSAHAAN
Unsur – unsur yang memungkinkan perusahaan mengendalikan
operasinya sendiri meliputi ;
1. Standar kinerja yang harus dipenuhi
oleh perusahaan jika ia ingin mencapai sebuah tujuan secara keseluruhan.
2. Manajemen perusahaan
3. Suatu pemrosesan informasi yang
mengubah data menjadi informasi.
LINGKARAN
UMPAN BALIK
Lingkaran umpan balik (feedback loop) terdiri atas sumber
daya virtual. Data dikumpulkan dari perusahaan dan dari lingkungan lalu
dimasukkan kedalam pemroses informasi yang mengubahnya menjadi informasi yang
kemudian diberi kepada para manajer, untuk melakukan pengambilan keputusan yang
akan mempengaruhi perubahan-perubahan yang dibutuhkan pada sistim fisik.
PERUSAHAAN
DI DALAM LINGKUNGANNYA
Sebuah perusahaan tercipta atas dasar tujuan untuk
memberikan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungannya. Sama
pentingnya, sebuah perusahaan tidak akan dapat berfungsi tanpa sumber daya yang
diberikan oleh lingkungannya. Unsur-unsur lingkungan adalah organisasi dan
individu yang berbeda di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun
tidak langsung atas perusahaan. Kedelapan unsur ini terdapat didalam suatu
sistem yang lebih besar yang disebut masyarakat (society), pada gambar 2
menggambarkan model delapan unsur lingkungan.
Gambar.2 model delapan unsur
lingkungan
Model
8 unsur lingkungan :
1. Pemasok ( supplier ) lebih disebut
vendor, memasok bahan baku, mesin, jasa, orang, dan informasi yang digunakan
perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya.
2. Pelanggan ( customer )
3. Serikat kerja ( Labor union )adalah
organisasi dari para pekerja terampil maupun tidak terampil dari berbagai jenis
bidang usaha dan industri.
4. Komunitas keuangan ( financial
community ) terdiri atas industri-industri seperti bank dan institusi pemberi
pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi
perusahaan.
5. Pemegang saham dan pemilik (
stockbolders and owners )orang-orang yang menginvestasikan uang kedalam
perusahaan. Mereka adalah pemilik perusahaan yang sebenarnya.
6. Pesaing ( competitor ) adalah
mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan didalam pasar.
7. Pemerintah ( goverment ) baik itu
ditingkat nasional, provinsi maupun local, akan memberikan pembatasan dalam
bentuk peraturan dan perundang-undangan dan juga memberikan bantuan dalam
bentuk pembelian, informasi dan dana
8. Komunitas global ( global community
) adalah wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan operasinya. Perusahaan
menunjukkan tanggungjawabnya kepada masyarakat global dengan menghargai
lingkungan hidup, memberikan produk dan jasa dan memberikan kontribusi kepada
mutu kehidupan, dan melakukan operasinya secara etis.
Aliran
sumber daya lingkungan
Perusahaan terhubung dengan unsur –
unsur lingkungannya memalui aliran sumber daya lingkungan (environmental
resource flows). Beberapa sumber daya
mengalir lebih sering dari pada sumber daya yang lain. Aliran – aliran yang
umum terjadi meliputi :
1.
Aliran informasi dari pelanggan
2.
Aliran bahan baku kepelanggan
3.
Aliran uang kepada pemegang saham
4.
Aliran bahan baku dari pemasok
Aliran yang lebih jarang terjadi meliputi aliran uang dari
pemerintah (seperti uang penelitian), aliran bahan baku kepada pemasok
(pengembalian barang dagangan), dan aliran pegawai kepada pesaing (karyawan
yang “diajak” perusahaan lain),
Tidak semua aliran sumber daya
terjadi diantara perusahaan dan seluruh unsur lingkungannya. Satu-satunya
sumber daya yang menghubungkan perusahaan dengan seluruh unsur adalah
informasi, dan perusahaan berusaha untuk menjadikan hubungan informasi dengan
pesaing sebagai sesuatu aliran satu arah.
Mengelola
Aliran Sumber Daya Fisik – Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain
Management)
Management)
Jalur yang memfasilitasi aliran
sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada
pelanggan disebut sebagai rantai pasokan (supply chain). Aliran sumber daya
melalui rantai pasokan harus dikelola untuk memastikan bahwa aliran tersebut
terjadi dengan cara yang tepat waktu dan efisien yang disebut sebagai manajemen
rantai pasokan (supply chain management) yang terdiri atas aktivitas-aktivitas
berikut ini :
·
Meramalkan
permintaan pelanggan.
·
Membuat
jadwal produksi.
·
Menyiapkan
jaringan transportasi.
·
Memesan
persediaan pengganti dari para pemasok.
·
Menerima
persediaan dari pemasok.
·
Mengelola
persediaan-bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi.
·
Melakukan
produksi.
·
Melakukan
transportasi sumber daya kepada pelanggan.
·
Melacak
aliran sumber daya dari pemasok, di dalam perusahaan, dan kepada pelanggan.
Sistem
informasi perusahaan dapat digolongkan dalam melaksanakan tiap-tiap aktivitaas
diatas.
Sistem
Elektronik
Seiring dengan bergeraknya sumber
daya melalui rantai pasokan, setiap tindakan akan dicatat dalam terminal
komputer yang terdapat di lokasi pemasok, di dalam area penerimaan perusahaan,
di dalam area persediaan dan produksi perusahaan, di dalam area pengiriman
perusahaan, di dalam kendaraan yang digunakan oleh transportir, dan di lokasi
pelanggan. Data dimasukkan ke dalam terminal melalui input keyboard, pemindaian
kode batang, atau ID frekuensi radio. Dengan terkumpulnya data, sistem
informasi perusahaan akan diperbarui untuk menggambarkan lokasi terakhir dari
sumber daya yang sedang dilacak. Kemampuan untuk melacak aliran sumber daya
seiring dengan terjadinya, akan memberikan kontribusi pada manajemen rantai
pasokan.
Manajemen Rantai Pasokan dan Sistem Perencanaan
Sumber Daya Usaha
Manajemen rantai pasokan hanya salah satu aspek dari sistem
perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning-ERP),
namun memainkan peranan yang sangat penting dalam operasi yang didalam rantai
pasokan akan membantu memfasilitasi aliran informasi rantai pasokan. Dalam hal
ini, perpindahan data dari satu anggota ke anggota yang lain akan terfasilitasi
dan semua anggota akan dapat meraih keuntungan, tetapi anggota terkuat dari rantai
pasokanlah yang biasanya akan menerima keuntungan terbesar.
B.
KEUNGGULAN
KOMPETITIF
Seiring
dengan perusahaan memenuhi kebutuhan produk dan jasa para pelanggannya, maka perusahaan
akan berusaha untuk mendapatkan keunggulan di atas para pesaingnya. Satu hal
yang tidak terlalu terlihat jelas adalah adanya fakta bahwa sebuah perusahaan
juga akan dapat mencapai keunggulan kompetitif melalui penggunaan sumber daya
virtualnya. Di dalam bidang sistem informasi, keunggulan kompetitif (competitive
advantage), mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan
pengungkitan (leverage), di dalam
pasar.
Rantai
Nilai Porter
Profesor Harvard Michael E. Porter
yakin bahwa sebuah perusahaan meraih keunggulan kompetitif dengan menciptakan
suatu rantai nilai (value chain). Margin adalah nilai dari produk dan jasa
perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti yang diterima oleh
pelanggan perusahaan. Meningkatkan margin adalah tujuan dari rantai nilai.
Perusahaan menciptakan nilai dengan
melakukan apa yang disebut oleh Porter sebagai aktivitas nilai (value
activities). Aktivitas nilai terdiri atas dua jenis : utama dan
pendukung.
a. Aktivitas
nilai utama (primary value activities) meliputi logistik input yang mendapatkan bahan baku dan
persediaan dari pemasok, operasi perusahaan yang mengubah bahan baku menjadi
barang jadi, logistik output yang memindahkan barang kepada pelanggan, operasi
pemasaran penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan
pesanan, dan aktivitas-aktivitas jasa yang menjaga hubungan pelanggan yang baik
setelah penjualan. Aktivitas nilai utama ini mengelola aliran sumber daya fisik
di sepanjang perusahaan.
b. Aktivitas
nilai pendukung (support value activities) mencakup infrastruktur perusahaan, bentuk organisasi yang
secara umum akan memengaruhi seluruh aktivitas utama. Selain itu, tiga
aktivitas akan memengaruhi aktivitas utama secara terpisah maupun dalam bentuk
terkombinasi yaitu :
1. manajemen sumber daya manusia,
2. pengembangan teknologi, dan
3. pengadaan (atau pembelian).
Masing-masing aktivitas nilai, baik
utama maupun pendukung akan mengandung tiga unsur penting, yaitu :
1. input yang di beli,
2. sumber daya manusia, dan
3. teknologi.
Memperluas
Ruang Lingkup Rantai Nilai
Kaitan rantai nilai perusahaan ke rantai nilai organisasi
lain dapat menghasilkan suatu sistem interorganisasional (interorganizational
system-IOS). Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sebagai sekutu
bisnis (business partners).Mereka bekerja bersama sebagai suatu unit tunggal
yang terkoordinasi, sehingga menimbulkan suatu sinergi yang tidak dapat dicapai
jika masing-masing bekerja sendirian. Sebuah perusahaan dapat mengaitkan rantai
nilainya kepada rantai nilai pemasoknya dengan mengimplementasikan sistem yang
membuat sumber daya input tersedia bila dibutuhkan. Salah satu contoh adalah
kesepakatan just-in-time (JIT) dengan pemasok untuk mengirimkan bahan baku
sehingga bahan baku akan tiba beberapa jam sebelum digunakan di dalam proses
produksi.
Ketika para pembeli produk
perusahaan adalah organisasi, rantai nilai mereka juga dapat dikaitkan dengan
rantai nilai perusahaan dan para anggota distribusinya. Ketika pembeli adalah
pelanggan individual, mereka dapat menggunakan komputer mereka untuk masuk ke
dalam situs Web perusahaan untuk mendapatkan informasi dan melakukan pembelian.
Karena setiap aktivitas nilai mencakup komponen informasional, mengelola sumber
daya informasi sebuah perusahaan adalah langkah penting dalam meraih keunggulan
kompetitif.
aktivitas
pendukung
pendukung
Aktivitas Utama
Dimensi-Dimensi
Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat
direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis, maupun
operasional. Pada tingkat manajerial yang tertinggi, tingkat perencanaan
strategis-sistem informasi dapat digunakan untuk mengubah arah sebuah
perusahaan dalam mendapatkan keunggulan strategisnya. Pada tingkat kendali
manajemen (menengah), manajer dapat memberikan spesifikasi mengenai bagaimana
rencana strategis akan diimplementasikan sehingga menciptakan suatu keunggulan
taktis. Pada tingkat kendali operasional (lebih rendah), manajer dapat
menggunakan teknologi informasi dalam berbagai pengumpulan data dan penciptaan
informasi yang akan memastikan efisiensi operasi, sehingga mencapai keunggulan
operasional.
Keunggulan
strategis (strategic advantage) adalah keunggulan yang dimiliki dampak fundamental dalam
membentuk operasi perusahaan. Sistem informasi dapat digunakan untuk
menciptakan keunggulan strategis. Tingkat
strategis akan menentukan arah dan tujuan perusahaan, namun tetap masih
terdapat kebutuhan akan suatu rencana yang dapat mencapai suatu strategi yang
menyadari arti penting dari keamanan.
Keunggulan
Taktis. Sebuah
perusahaan mendapatkan keunggulan taktis (tactical advantage) ketika perusahaan
tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para
pesaingnya. Semua perusahaan ingin memuaskan pelanggan, karena kepuasan
pelanggan akan menghasilkan pengulangan pembelian.
Perusahaan
mendapatkan keunggulan taktis dalam beberapa hal, yaitu :
1. Pelanggan melihat potongan harga
sebagai alasan untuk terus membeli produk dari perusahaan. Potongan itu sendiri
merupakan insentif bagi pelanggan, namun juga dapat memberikan keuntungan
ekonomis bagi perusahaan.
2. Sistem informasi dapat menyarankan
produk mana yang mungkin ingin dibeli oleh pelanggan. Perusahaan tidak hanya
akan mendorong kesetiaan pelanggan, namun juga dapat meningkatkan keuntungan
dari penjualan.
Keputusan strategis adalah
menjadikan sistem informasi perusahaan tersedia bagi para pelanggan untuk
meningkatkan layanan pelanggan. Perusahaan mengembangkan suatu sistem informasi
taktis yang tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, namun juga akan
meningkatkan profitabilitas.
Keunggulan
Operasional, (Operational advantage) adalah keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan
proses sehari-hari. Di sinilah sistem informasi akan berinteraksi secara
langsung dengan proses.
Suatu situs Web yang “mengingat”
pelanggan dan preferensi mereka dari transaksi-transaksi masa lalu akan
mencerminkan suatu keunggulan operasional. Browser sering memiliki cookies,
file-file kecil berisi informasi yang terdapat di dalam komputer pengguna, yang
dapat menyimpan informasi lain yang berhubungan dengan transaksi pengguna yang
merupakan kemudahan bagi pelanggan, bahwa para pelanggan yang menggunakan Web
untuk menempatkan pembelian mereka akan menghemat beban perusahaan membayar
seorang juru tulis untuk memasukkan data, tetapi ini hanyalah keuntungan yang
bersifat minor saja. Data yang dimasukkan oleh pengguna kemungkinan besar akan
lebih akurat. Karena data tidak dikomunikasikan secara lisan kepada orang lain,
maka tidak akan terjadi kesalahpahaman di dalam komunikasi.
Tiga tingkat keunggulan kompetitif
di atas akan bekerja bersama-sama. Sistem informasi yang terpengaruh oleh
ketiga tingkat ini akan memiliki kemungkinan terbaik untuk meningkatkan kinerja
sebuah perusahaan secara substansial.
TANTANGAN DARI PESAING-PESAING GLOBAL
Perusahaan multinasional
(multinational corporation-MNC) adalah perusahaan yang beroperasi lintas
produk, pasar, negara, dan budaya yang terdiri atas perusahaan induk dan
sekelompok anak perusahaan. Anak perusahaan-anak perusahaan tersebut dapat
tersebar secara geografis, dan masing-masing dapat memiliki sasaran, kebijakan
dan prosedurnya sendiri.
Pemikiran akan pesaing-pesaing
global bukan hanya untuk organisasi-organisasi lain saja. kalangan profesional
dan staf yang bekerja di negara lain yang bersaing untuk pekerjaan yang sama
seperti yang terjadi di negara tuan rumah juga dapat dianggap sebagai
pesaing.
Alasan utama melakukan outsource
adalah ekonomi. Namun, oustourcing juga memiliki kelemahannya sendiri. Satu hal
yang khususnya sangat penting bagi oustourcing TI adalah perlindungan Hak
Kekayaan Intelektual (HAKI), yang di beberapa negara tidak mendapat
perlindungan yang memadai. Satu cara untuk mengatasi masalah HAKI adalah dengan
mengakuisisi perusahaan outsourcee asing.
Kebutuhan
Khusus untuk Pemrosesan Informasi di Perusahaan Multinasional
Meskipun semua perusahaan memiliki
kebutuhan pemrosesan informasi dan koordinasi, kebutuhan-kebutuhan ini
merupakan hal yang sangat penting artinya bagi perusahaan multinasional (MNC).
MNC adalah sebuah sistem terbuka yang berusaha untuk meminimalkan
ketidakpastian yang terdapat dalam lingkungannya. Ketidakpastian adalah
“perbedaan antara jumlah informasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu
pekerjaan dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi.”.
Kebutuhan Khusus untuk Koordinasi di
Perusahaan Multinasional
Koordinasi adalah kunci untuk
mencapai keunggulan kompetitif di dalam pasar global. Perusahaan yang tidak
mampu mendapatkan kendali strategis atas operasinya di seluruh dunia dan
mengelolanya dengan cara yang terkoordinasi secara global, tidak akan dapat
meraih kesuksesan dalam perekonomian internasional.
Kabar buruk bagi para eksekutif MNC
adalah tantangan koordinasi semakin besar bagi MNC dibandingkan sebuah perusahaan
yang membatasi aktivitasnya hanya di negara asalnya. Kesulitan timbul dari
adanya kenyataan bahwa sumber daya yang digunakan oleh MNC sangat luas
terdistribusi. Sumber daya informasi yang tersebar-peranti keras, peranti
lunak, dan pegawai menjadi sulit untuk dikelola dan dapat diatur oleh
praktik-praktik bisnis yang saling bertentangan.
Kabar baiknya adalah bahwa kemajuan
di bidang teknologi informasi, metodologi, dan komunikasi telah membuat
koordinasi global menjadi jauh lebih mudah. Tetapi bahkan dengan
kemajuan-kemajuan ini, koordinasi tetap menjadi suatu tantangan besar.
Keuntungan Koordinasi
Banyak keuntungan yang diperoleh
oleh MNC adalah karena memiliki kemampuan pemrosesan informasi yang baik yang
didasarkan pada kemampuannya dalam berkoordinasi. Keuntungan koordinasi antara
lain meliputi :
1. Fleksibilitas dalam merespons
pesaing di berbagai negara dan pasar.
2. Kemampuan untuk merespons perubahan
yang terjadi di satu negara pada satu negara lain atau satu wilayah dalam satu
negara lain.
3. Kemampuan untuk menyamai kebutuhan
pasar di seluruh dunia.
4. Kemampuan untuk berbagi pengetahuan
antarunit di berbagai negara.
5. Mengurangi biaya operasi secara
keseluruhan.
6. Peningkatan efisiensi dan
efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
7. Kemampuan untuk meraih dan
mempertahankan keragaman produk perusahaan dan juga bagaimana produk diproduksi
dan didistribusikan.
Semua keunggulan di atas disebabkan
oleh adanya pengurangan waktu dan biaya komunikasi yang dimungkinkan melalui
penggunaan sumber daya informasi perusahaan.
Tantangan Dalam Mengembangkan Sistem
Informasi Global
Pengembangan semua jenis sistem
informasi dapat menjadi suatu tantangan, tetapi ketika sistem yang dibuat
mencakup batas internasional, para pengembangnya harus mengatasi beberapa kendala
yang unik. Istilah sistem informasi global (global information system-GIS)
diberikan untuk suatu sistem informasi yang terdiri atas beberapa jaringan yang
melintasi batas negara.
Berikut
adalah beberapa kendala yang harus diatasi oleh pengembang GIS, yaitu :
a.
Kendala-kendala Politis
Pemerintah nasional di suatu negara
di mana anak perusahaan berada dapat menerapkan beragam pembatasan yang
menjadikan perusahaan induk mengalami kesulitan untuk memasukkan anak
perusahaan tersebut ke dalam jaringan. Pembatasan yang umum adalah akses yang
terbatas ke komunikasi berkecepatan tinggi. Karena infrastruktur telepon
biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah dan bukannya perusahaan
swasta, hal ini dapat menjadi suatu rintangan yang cukup berat.
b.
Rintangan
Budaya dan Komunikasi
Interaksi dengan teknologi dapat
sangat bervariasi di beberapa budaya. Antarmuka (interface) GIS harus tetap
konsisten meskipun menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Sebagai akibatnya,
kebanyakan antarmuka GIS mengandalkan grafik dan icon untuk berinteraksi dengan
pengguna dan tidak terlalu bergantung pada perintah yang diketikkan ke dalam
field. Selain itu, masalah rancangan GIS juga dapat diselesaikan dengan
menawarkan beragam format yang memiliki fungsionalitas yang sama. Jika sebuah
perusahaan memutuskan untuk membuat GIS, ia harus bersedia untuk mengadaptasi
berbagai kebutuhan populasi global ke dalam sistemnya.
Di dalam beberapa masyarakat
tertentu, penggunaan teknologi dianggap sebagai suatu pekerjaan yang tidak
membutuhkan keahlian, sedangkan di masyarakat lainnya dipandang sebagai suatu
pertanda tingkat sosial.
·
Pembatasan Pembelian dan Impor
Peranti Keras.
Pemerintah nasional mencoba untuk melindungi pabrikan lokal dan merangsang
investasi asing pada produksi lokal dengan menentukan bahwa hanya peralatan
yang diproduksi atau dirakit di negara itu yang dapat dipergunakan. Ketentuan
seperti ini dapat memengaruhi pengoperasian berbagai sistem peranti keras dan
lunak yang berbeda.
·
Pembatasan Pemrosesan Data. Kebijakan nasional dapat mengatur
bahwa data harus diproses di dalam negeri, bukan dikirimkan ke luar negeri dan
diproses di tempat lain.
·
Pembatasan Komunikasi Data. Pembatasan komunikasi data yang
paling banyak dipublikasikan adalah pembatasan yang dikenakan pada aliran data
antarnegara. Aliran data antarnegara (transborder data flow-TDF), adalah
pergerakan data yang dapat dibaca oleh mesin melintasi batas negara.
c.
Masalah-masalah
teknologi
MNC sering kali didera dengan
masalah yang berhubungan dengan tingkat teknologi yang terdapat di
negara-negara anak perusahaannya. Di beberapa negara, sumber listrik yang dapat
diandalkan mungkin tidak tersedia, sehingga mengakibatkan seringnya terjadi
gangguan listrik. Sirkuit telekomunikasi sering kali hanya dapat mengirimkan
data dengan kecepatan yang rendah, dan kualitas transmisinya juga buruk.
Peranti lunak juga dapat menjadi masalah. Karena banyak negara tidak
memerhatikan hak cipta atas peranti lunak dan menutup mata pada peranti lunak
berjalan, beberapa vendor peranti lunak menolak untuk berbisnis di beberapa
negara tertentu.
d.
Kurangnya
Dukungan dari Manajemen Anak Perusahaan
Manajemen kantor anak perusahaan
sering kali ikut menjadi masalah. Beberapa merasa yakin bahwa mereka dapat
menjalankan anak perusahaannya tanpa harus mendapat bantuan, dan mereka
memandang peraturan yang ditetapkan oleh kantor pusat sebagai suatu hal yang
tidak perlu. Beberapa manajer anak perusahaan mendapat imbalan berdasarkan
profitabilitas, dan mereka akan berusaha untuk menghambat solusi korporat yang
mereka anggap akan dapat mengurangi pendapatan mereka. Manajemen kantor di luar
negeri juga dapat melihat GIS sebagai salah satu jenis pengawasan dari “Big
Brother”. Para manajer tingkat menengah dapat merasa takut dilewati oleh rantai
informasi baru yang menghimpun data operasional kepada perusahaan induk.
Dengan segala kemungkinan masalah di
atas, adalah mukjizat kecil jika MNC mencoba untuk mengembangkan GIS. Meskipun
menghilangkan seluruh masalah di atas adalah suatu hal yang mustahil untuk
dilakukan, pengaruh MNC dapat diminimalkan dengan mengikuti strategi yang
terencana dengan baik yang dituangkan ke dalam rencana strategis sumber daya
informasi.
MANAJEMEN PENGETAHUAN
Sumber daya informasi sebuah perusahaan terdiri atas:
a. Peranti keras komputer
b. Peranti lunak komputer
c. Spesialis informasi
d. Pengguna
e. Fasilitas
f. Database
g. Informasi
Ketika manajer memutuskan untuk
menggunakan informasi guna mencapai keunggulan kompetitif, mereka harus
mengelola sumber daya ini agar dapat meraih hasil yang dinginkan. Informasi,
sama seperti sumber daya lainnya, memerlukan manajemen. Para manajer memastikan
bahwa data mentah yang dikumpulkan telah dikumpulkan dan kemudian diproses
menjadi informasi yang bermanfaat. Manajer kemudian memastikan bahwa
individu-individu yang tepat akan menerima informasi dalam bentuk yang tepat
dan pada waktu yang tepat sehingga ia dapat dipergunakan. Terakhir, manajer
akan membuang informasi terbaru dan akurat. Semua aktivitas ini-mengakuisisi
data, memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengomunikasikan
informasi dengan cara yang paling efektif, dan menghapus informasi pada waktu
yang tepat disebut manajemen pengetahuan (knowledge management).
Dimensi Informasi
Ketika pengembang sistem (pengguna
maupun spesialis informasi) mendefinisikan output yang diberikan oleh prosesor
informasi, mereka akan mempertimbangkan empat dimensi dasar informasi. Keempat
dimensi yang diinginkan akan dapat menambah nilai dari informasi tersebut,
yaitu :
·
Relevansi,
informasi memiliki relevansi jika informasi tersebut berhubungan dengan masalah
yang sedang dihadapi. Data yang relevan dengan pengambilan keputusan yang akan
diambil saja yang akan disebut dengan “informasi”.
·
Akurasi,
idealnya seluruh informasi seharusnya akurat. Dan tingkat keakuratannya harus
maksimal.
·
Ketepatan
waktu, informasi sebaiknya tersedia untuk pengambilan keputusan sebelum situasi
yang genting berkembang atau hilangnya peluang yang ada.
·
Kelengkapan,
Para pengguna hendaknya dapat memperoleh informasi yang menyajikan suatu gambaran
lengkap atas suatu masalah teretentu atau solusinya.
Biasanya yang terbaik adalah
membiarkan pengguna menentukan sendiri dimensi informasi yang dibutuhkannya.
Bilamana dibutuhkan, spesialis informasi dapat membantu pengguna melakukan
pendekatan atas pekerjaan ini dengan cara-cara yang logis.
Sifat
Manajemen Pengetahuan yang Berubah-ubah
Manajemen pengetahuan pada awalnya
berfokus pada sistem pemrosesan transaksi yang akan memproses pesanan
pelanggan, membuat catatan persediaan, menghitung jumlah gaji, dan tugas-tugas
lain yang serupa. Karenanya, sistem informasi dianggap memiliki “tingkat
rendah” karena berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan kepada
organisasi di “tingkat rendah.” Kini, organisasi mengakui bahwa sistem
informasi mengumpulkan pengetahuan yang terdapat di dalam suatu organisasi, dan
organisasi harus mengelola pengetahuan tersebut.
a. Sistem
Informasi Warisan
Sistem
informasi awal serta peranti lunak dan keras yang tidak sesuai atau hanya
sesuai secara parsial dengan teknologi informasi terkini disebut sebagai sistem
warisan (legacy systems). Meskipun data yang dikumpulkan oleh sistem warisan
terutama memproduksi informasi historis, informasi tersebut masih dianggap
berharga.
Kebanyakan data warisan dapat diubah
dan dipergunakan oleh teknologi-teknologi baru. Teks dan angka yang sering kali
menyusun file-file warisan dapat diimpor ke dalam basis data modern.
Pengambilan data dapat mengharuskan nilai-nilai data yang lama diperbarui
menjadi nilai-nilai baru. Satu
masalah dalam mengubah data warisan adalah bahwa data seperti ini bisa jadi
tidak tersedia dalam format digital. Beberapa data warisan dapat hanya tersedia
dalam bentuk cetakan kertas.
b. Manajemen
Gambar
Foto-foto digital dari cetakan dapat
disimpan sebagai file-file komputer yang dapat dijadikan referensi oleh sistem
informasi perusahaan saat ini. Terdapat peranti lunak komputer khusus yang akan
menerjemahkan gambar data teks dan numerik menjadi sebuah file pengolah kata.
Tingkat akurasi terjemahan sistem peranti lunak ini tergantung pada beberapa
faktor, namun biasanya berada dikisaran antara 80% hingga 95%. Perusahaan harus memutuskan apakah beban untuk
mencapai tingkat akurasi 100% akan melebihi manfaatnya. Mencapai tingkat
akurasi 100% akan melibatkan penggunaan pegawai untuk membaca dan memverivikasi
hasil terjemahan yang dibuat oleh perangkat lunak.
Perencanaan Strategis untuk Sumber
Daya Informasi
Perusahaan-perusahaan pertama yang
menggunakan komputer menempatkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya informasi
di tangan sebuah unit khusus yang terdiri atas para profesional informasi. Unit
ini, yang disebut sebagai layanan informasi (information services-IS), dikelola
oleh seorang manajer yang mungkin memiliki status wakil presiden. Praktik yang
diterima adalah membuat layanan informasi sebagai suatu area bisnis utama dan
memasukkan manajer puncaknya di dalam kelompok eksekutif senior, seperti komite
eksekutif, yang melakukan pengambilan-pengambilan keputusan penting bagi
perusahaan.
Chief Information Officer dan Chief
Technology Officer
Chief information officer (CIO) atau
chief technology officer (CTO) adalah manajer dengan tingkat tertinggi di
layanan informasi. Orang ini akan menyumbangkan keahlian manajerialnya dalam
memecahkan masalah-masalah yang tidak hanya berhubungan dengan layanan
informasi saja, melainkan juga area-area operasi perusahaan lainnya.
CIO atau CTO dapat memosisikan
layanan informasi sebagai salah satu unsur vital dalam struktur organisasi
perusahaan dengan melaksanakan saran-saran berikut ini :
·
Meluangkan
waktu dalam bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari pula bisnisnya, bukan hanya
teknologinya saja.
·
Secara
aktif mencari kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen lini, jangan
menunggu untuk diundang.
·
Fokus
pada perbaikan proses bisnis.
·
Menjelaskan
biaya-biaya IS dalam istilah bisnis.
·
Membangun
kredibilitas dengan memberikan jasa IS yang dapat diandalkan.
·
Terbuka
untuk ide-ide yang berasal dari luar bidang IS.
Perencanaan Strategis bagi Perusahaan
Ketika sebuah perusahaan mengorganisasikan
para eksekutifnya ke dalam suatu komite eksekutif, kelompok ini biasanya akan
bertanggung jawab atas perencanaan strategis bagi keseluruhan perusahaan. Pada
tingkat yang paling minimum, komite eksekutif terdiri atas presiden dan wakil presiden
bidang-bidang bisnis perusahaan. Komite ini akan menentukan rencana bisnis
strategis organisasi.
Setelah rencana dibuat, komite
eksekutif akan memonitor pelaksanaannya sepanjang tahun dan jika dibutuhkan,
mengambil tindakan yang sesuai. Komite juga dapat mengambil inisiatif
pengambilan keputusan yang ditujukan untuk memastikan bahwa seluruh sasaran
perusahaan akan tercapai.
Rencana Strategis untuk Area-area
Bisnis
Ketika para eksekutif sebuah
perusahaan sepenuhnya memiliki komitmen pada perencanaan strategis, mereka
melihat adanya kebutuhan bagi masing-masing area bisnis untuk mengembangkan
rencana strategisnya sendiri. Rencana area bisnis ini akan merinci bagaimana
area-area tersebut akan mendukung usaha ketika berusaha mencapai sasaran
strategisnya.
Salah satu pendekatan pada
perencanaan strategis area bisnis adalah untuk setiap area membuat rencananya
sendiri secara terpisah dari area-area yang lain. Akan tetapi, pendekatan
seperti ini tidak dapat memastikan bahwa area-area akan dapat bekerja sama
dengan baik.
Pendekatan SPIR Perencanaan
Strategis untuk Sumber Daya Informasi (Strategic Planning for Information
Resources-SPIR), Adalah
pengembangan rencana strategis secara paralel bagi layanan informasi dan
perusahaan sehingga rencana perusahaan akan mencerminkan dukungan yang akan
diberikan oleh layanan informasi. Rencana IS akan mencerminkan permintaan
dukungan sistem di masa mendatang.
BAB III
KESIMPULAN
Sebuah perusahaan adalah suatu
sistem fisik yang dikelola melalui pengguna sebuah sistem virtual. Sebuah
perusahaan mengambil sumber daya dan lingkungannya, mengubah sumber daya
tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang diubah kembali
ke lingkungan. Model Sistem Umum
Perusahaan tersebut menunjukkan aliran sumber daya dari lingkungan melalui
perusahaan dan kembali kelingkungan.
Di dalam bidang sistem informasi,
keunggulan kompetitif (competitive advantage), mengacu pada penggunaan
informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage), di dalam pasar. Profesor
Harvard Michael E. Porter yakin bahwa sebuah perusahaan meraih keunggulan
kompetitif dengan menciptakan suatu rantai nilai (value chain). Margin adalah
nilai dari produk dan jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti
yang diterima oleh pelanggan perusahaan. Meningkatkan margin adalah tujuan dari
rantai nilai.
Perusahaan menciptakan nilai dengan
melakukan apa yang disebut oleh Porter sebagai aktivitas nilai (value
activities). Aktivitas nilai terdiri atas dua jenis : utama dan pendukung Keunggulan
kompetitif dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis,
taktis, maupun operasional. Ketika manajer memutuskan untuk menggunakan
informasi guna mencapai keunggulan kompetitif, mereka harus mengelola sumber
daya ini agar dapat meraih hasil yang dinginkan. Informasi, sama seperti sumber
daya lainnya, memerlukan manajemen. Empat dimensi dasar informasi yang
diinginkan akan dapat menambah nilai dari informasi tersebut, yaitu : Relevansi, Akurasi, Ketepatan waktu, Kelengkapan.
DAFTAR PUSTAKA
http://moo-selamanya.blogspot.com/2012/12/sistem-informasi-untuk-keunggulan.html
McLeod,Jr,Raymond.,
Schell, George P. 2008. Siatem Informasi
Manajemen.Jakarta. Salemba Empat
Kabar Baik, Semuanya.
BalasHapusNama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi sekarang dia telah mengubah saya menjadi orang kaya, karena sekarang saya dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke dalam rekening bank saya.
Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk informasi lebih lanjut dan ini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Pinjaman rahimteimuri97@gmail.com. Dia memperkenalkan saya kepada Ny. Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk petunjuk lebih lanjut. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.
NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
BalasHapusNEGARA: INDONESIA
CITY: BATU MALANG JATIMMY
WHATSAPP: +62 877-4316-8500
PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com
Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Ny Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com
PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com