Minggu, 18 Mei 2014

E-COMMERCE



BAB 1
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Perdagangan elektronik yang biasa disebut e-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan proses bisnis. Sebagaian besar e-commerce, terjadi antarbisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.Tetapi pandangan populer tentang e-commerce ini adalah tentang penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Memang tidak salah, tapi pandangan ini hanyalah sebagian kecil bagian tentang e-commerce.
Definisi sempit mengenai perdagangan elektronik (yang biasa disebut e-commerce) yaitu meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing-masing melalui internet. Ini artinya hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce.
Sedangkan definisi luas yang  diberikan mengenai e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Maka dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa arti penting dan keuntungan dari perdagangan elektronik?
2.      Bagaimana perdagangan elektronik saat ini menyatu dengan proses bisnis sehari-hari?
3.      Apa perbedaan antara perdagangan elektronik, bisnis ke bisnis dan perdangan elektronik bisnis ke konsumen?
4.      Apa sajakah contoh-contoh perdangan elektronik bisnis ke bisnis dan perdagangan elektronik bisnis ke konsumen?
5.      Apa peranan yang dimainkan oleh system interorganisasional, internet, dan world wide web dalam perdagangan elektronik?
6.      Apa sajakah factor-faktor yang mempengaruhi penerapan system interorganisasional?
7.      Bagaimana perpindahan pertukaran data elektronik ke berbagai praktik pertukaran data standard web?
8.      Mengapa banyak perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik?

C.    TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk menyelesaikan tugas kelompok Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
2.      Untuk mengetahui apa arti penting dan keuntungan dari perdagangan elektronik
3.      Untuk mengetahui bagaimana perdagangan elektronik saat ini menyatu dengan proses bisnis sehari-hari
4.      Untuk mengetahui apa perbedaan antara perdagangan elektronik, bisnis ke bisnis dan perdangan elektronik bisnis ke konsumen
5.      Untuk mengetahui apa sajakah contoh-contoh perdangan elektronik bisnis ke bisnis dan perdagangan elektronik bisnis ke konsumen
6.      Untuk mengetahui apa peranan yang dimainkan oleh system interorganisasional, internet, dan world wide web dalam perdagangan elektronik
7.      Untuk mengetahui apa sajakah factor-faktor yang mempengaruhi penerapan system interorganisasional
8.      Untuk mengetahui bagaimana perpindahan pertukaran data elektronik ke berbagai praktik pertukaran data standard web
9.      Untuk mengetahui mengapa banyak perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik









BAB 2
PEMBAHASAN
A.    PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga ­e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui Internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan, karena kebanyakan orang menganngap bisnis elektronik dan perdagangan elektronik sebagai suatu hal yang sama.
Kita akan melihat pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdanganan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang-bidang organisasi yang lain. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan antar muka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).

E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-Commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Sebagai contoh, dalam rantai distribusi, dari produsen ke distributor ke toko eceran ke konsumen, seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen, yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena transaksi terjadi antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi. Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.
Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberi intruksi dan bantuan. Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang lambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi. Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C (sistem B2B pada umunya mendapatkan informasi pembayaran dalam sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik). Semua perbedaan ini digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C memiliki waktu download dengan cepat, intruksi untuk navigasi situs, kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual, dan metode untuk menyimpan profil penggunaan (alamat, nomor baru kartu kredit, dan semacamnya). Situs-situs seperti WWW.180FLOWERS.COM, WWW.HOMEDEPOT.COM, WWW.USP.GOV (Jasa Pos AS) telah dikenal banyak peninjau situs Web sebagai situs yang dirancang dengan cukup baik untuk transaksi B2C.
Pemerintah juga semakin meningkat partisipasinya alam pemerintahan elektronik (yang terkadang disebut e-gov). Masyarakat Carolina Utara dapat terhubung dengan situs Clik@DMV yang terdapat pada halaman Web Departemen Kendaraan Bermotor (WWW.DMV.DOT.STATE.NC.US) untuk memperpanjang nomor polisi kendaraan mereka. New York (WWW.NYC.GOV) memungkinkan warganya membayar denda parkir dan beban-beban lainnya secara online. Direktorat Jendral Pajak AS (Internal Revenue Service WWW.IRS.GOV) memberikan berbagai macam layanan, mulai dari pengisian formulir pajak penghasilan secara gratis hingga kelas-kelas online guna membantu para wajib pajak menghitung pajak mereka.
            Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Dimasa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi; namun, konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi transaksi dari konsumen hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.

Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari manfaat utama.
·         Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
·         Perbaikan hubungan dengan pemasokan dan komunikasi keuangan
·         Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
Manfaat-manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk ke dalam manfaat yang diharapkan dari e-commerce. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuan e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.

Kendala-kendala E-Commerce      
Pada survei tahun 1996, 60% perusahaan yang memberikan respons menunjukan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun ke depan. Bahkan pada tahun 2004, Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa 2,3% dari seluruh penjualan ritel kuartal keempat dilakukan dalam bentuk e-commerce. Perusahaan yang telah mengimplementasikan sistem menggunakannya terutama untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan pelanggan (pada tingkat 90%), dan proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran, dan faktur.
Ketika ditanyakan mengenai alesan dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan tiga kendala yaitu :
·         Biaya yang tinggi
·         Kekhawatiran akan masalah keamanan
·         Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan menurun. Hukum Moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biaya e-commerce akan menurun.
Keamanan adalah satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorisasi. Jaringan-jaringan ini telah terbukti sangat aman bagi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan seperti VeriSign (www.verisign.com) telah menambah langkah-langkah aman yang membawa tingkat kepercayaan yang lebih tinggi bagi transaksi-transaksi internet.

RUANG LINGKUP E-COMMERCE
Ketika Anda membaca bagian ini, pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi www.census.gov dan hubungkan ke halaman web e-stats untuk mengetahui angka-angka e-commerce yang terakhir.
E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk aktifitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahunnya selama lima tahun terakhir. Lebih dari 21 persen penjualan pabrik produksi AS ($843) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce. Hampir 17 persen penjualan dari distributor ($730 miliar) adalah e-commerce.
E-commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase dollar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.

JALAN MENUJU E-COMMERCE
Ketika sebuah perusahaan merasa sebuah manfaat yang diharapkan lebih besar dari pada biaya dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan (business intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.

B.     INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business intelligence/ BI) adalah aktifitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

BASIS DATA EKSTERNAL
Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Lexis-Nexis (www.lexisnexis.com) memberikan informasi hukum, keuangan, dan pemerintah dari berbagai macam sumber. Dialog (www.dialog.com) meliputi berita, bisnis, pemerintah, dan sumber-sumber lain. DowJones.com (www.dowjones.com) menawarkan berbagai macam informasi mengenai masalah-masalah keuangan. Global eXchange Service (www.gxs.com) menjual jasa yang ditujukan pada pengintegrasian transaksi-transaksi elektronik untuk rantai pasokan global.
Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. Reuters (www.reuters.com) dapat mencari dari menganalisis media berita untuk subjek-subjek yang menjadi perhatian bagi sebuah perusahaan dengan lebih efektif dan efisien dari pada yang dapat dilakukan sendiri oleh kebanyakan perusahaan.
ThomasNet (www.thomasnet.com) adalah salah satu contoh dari sebuah basis data yang memberikan sejumlah besar informasi secara gratis dan juga memberikan jasa dengan mengenakan biaya. Thomas Register memberikan indeks untuk lebih dari 170.000 perusahaan AS dan Kanada dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi mengenai produk dan pemasoknya. Semua catatan memberikan nama, alamat, nomor telepon, dan kode industri untuk perusahaan-perusahaan tersebut, sekaligus juga nama merek, merek dagang, dan uraian produk-produk perusahaan.
Perpustakaan Kongres (www.loc.gov) menawarkan beragam topik bagi para periset di banyak bidang. Biro Sensus (www.census.gov) memuat harta karun informasi menyangkut demografi penduduk di Amerika Serikat. Biro Statistik Tenaga Kerja (www.bls.gov) memiliki informasi mengenai inflasi, upah, data internasional, dan banyak lagi. Perusahaan dapat masuk ke catatan-catatan Bapepam (Securities and Exchange Commission - www.sec.gov) untuk melihat berbagai laporan keuangan yang diperlukan melalui basis data EDGAR. EDGAR adalah electronic data gathering, analysis, and retrieval system (sistem pengumpulan, analisis, dan pengambilan data elektronik).

MESIN PENCARI


 
 






                                                                                                                                                



Suatu mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di situs-situs web tersebut. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan mesin pencari untuk menemukan ketersediaan kamar hotel (Figur 1). Dalam asumsi kita, program-program khusus yang membuat indeks situs dan menciptakan direktori kategori situs akan dianggap sebagai sub bagian dari mesin pencari. Konsumen yang tertarik dalam e-commerce B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon vendor. Mesin pencari lalu memperkirakan seberapa bermanfaat situs yang mengandung kata-kata yang dicari dan menyajikan penanya dengan alamat-alamat situs web dan dokumen-dokumen yang memuat kata-kata yang telah dipilih.
Yahoo! (www.yahoo.com), Excite (www.excite.com), Alta Vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com), Google (www.google.com), dan AskJeeves (www.askjeeves.com) adalah sebagian kecil situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses melalui web. Situs-situs kemudian diorganisasikan dengan cara yang akan membuat mereka untuk mudah digunakan. Pencarian dapat dilakukan secara sederhana atau menggunakan fitur-fitur yang lebih canggih untuk mencari kombinasi kata-kata kunci yang rumit. Tidak ada biaya untuk menggunakan mesin-mesin pencari ini. Akan tetapi, ada beberapa organisasi yang membayar perubahaan mesin pencari untuk menampilkan produk-produknya di dalam daftar hasil pencarian.
Langkah pertama menuju pencapaian e-commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan di mana perdagangan akan dilaksanakan. Sebagian besar kecerdasan ini dapat dikumpulkan oleh cara-cara non komputer, seperti melalui survei, pengamatan, percakapan informal, laporan lapangan, surat kabar dan artikel-artikel makalah perdagangan, dan seterusnya. Akan tetapi, basis data komputer menjadi pemindaian volume-volume informasi dalam jumlah besar mungkin untuk dilakukan dengan cepat, mudah, dan menyeluruh.

C.    STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTER ORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberfapa kemungkinan solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem inter organisasional (inter organizational system/ IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektonik). Kedua istilah di atas sering kali saling bertukar penggunaan, tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI dianggap sebagai sub kumpulan dari suatu sistem inter organisasional. Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem inter organisasional. Ekstranet, yang serupa dengan internet tetapi terbatas hanya untuk mitra-mitra bisnis yang terpilih dan terpercaya, di beberapa organisasi mulai menggantikan EDI.

D.    SISTEM INTER ORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem inter organisasional (inter organizational system/ IOS) sehingga semua perusahaaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem inter organisasional. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem inter organisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi system interorganisasional.

MANFAAT IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting, efisiensi komparatif dan kekuatan penawaran.

EFISIENSI KOMPARATIF.
Dengan bergabungnya dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
§  Efisiensi internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
§   Efisiensi inter organisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan, dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih murah.

KEKUATAN PENAWARAN
            Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkatkan biaya perpindahan.
·         Fitur-fitur produk yang unik. Hubungan-hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan pesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon yang lebih cepat dalam permintaan informasi. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi suatu fitur dari produk-produk perusahaan, membuatnya menjadi lebih menarik dari pada produk-produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing.
·         Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. Dengan tergabung dalam suatu IOS, perusahaan dapat menurunkan biaya belanja yang ditanggung oleh para pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah. Karena perusahaan adalah pelanggan bagi pemasoknya, perusahaan dapat merealisasikan pengurangan biaya belanja yang sama ketika memesan dari para pemasoknya.
·         Meningkatkan biaya perpindahan. Sebuah perusahaan ingin membuat mahal, baik itu biaya dan atau kemudahan, bagi para pelanggannya untuk berpindah ke perusahaan pesaingnya. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan para pelanggannya sumber daya informasi seperti peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan harus diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.

Penambahan persediaan oleh vendor adalah suatu jenis IOS khusus di mana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya untuk mengakses sistem persediaan yang berbasis komputer yang dimilikinya. Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan akses basis data kepada pemasok. Sebagai perlindungan, perusahaan dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja, bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain).
Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah (value added network/ VAN). Beberapa orang berpendapat bahwa VAN sebenarnya adalah EDI yang telah dikontrakkan kepada suatu vendor.
EDI adalah implementasi dominasi dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, Jika dibandingkan dengan alternative-alternatif IOS lainnya. Meskipun EDI lebih mhal (membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000 untuk sambungan selama setahun dengan satu vendor atau pelanggan) dan merepotkan dari pada system komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan metode yang terdepan.

EKSTRANET
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih mahal yang terkait dengan EDI.
Ekstranet menggunakan internet untuk komunikasi dan browser standar web untuk menavigasi situs dan bertukar data. Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan juga mudah dipergunakan. Salah satu metode, pretty good privacy, yang umumnya dikenal sebagai PGP (www.pgp.com), sangatlah aman, mudah digunakan, dan tidak mahal.



SEKUTU-SEKUTU BISNIS PROAKTIF DAN REAKTIF
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalan cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipasi pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.

PENGARUH PENERAPAN


 
 
















Pada suatu artikel Decision Sciences tahun 1995, dua Profesor SIM G. Premkumar dan K. Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
·         Tekanan kompetitif. Ketika suatu perusahaan dalam posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif. Peneliti-peneliti baru-baru ini telah mengusulkan bahwa tekanan kompetitif adalah alasan yang paling sering melatarbelakangi penerapan EDI oleh perusahaan.
·         Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain, ia akan proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para sekutu dagangnya mempergunakan IOS atau berbisnis di tempat lain.
·         Kebutuhan internal. Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·         Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara proaktif ataupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.

 
MANFAAT-MANFAAT TIDAK LANGSUNG IOS













Beberapa manfaat dari sistem inter organisasional seperti EDI dan ekstranet didorong secara langsung dari teknologi. Ini merupakan manfaat langsung dari berkurangnya kesalahan, entri data, biaya yang lebih rendah, dan meningkatnya efisiensi operasional. Manfaat tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.
·         Mengurangi kesalahan. Dengan tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam sistem, kesalahan entri data dapat dikurangi. Sebuah studi oleh EDI Grup Ltd. menemukan bahwa tingkat kesalahan dapat diturunkan dari 10 persen data yang dimasukkan tanpa menggunakan EDI hingga 5 persen dengan menggunakan EDI.
·         Menurunkan biaya. Penurunan biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi. Penurunan biaya untuk semua jenis dokumen dapat sebesar $1,30 hingga $5,50 per dokumen, dan jumlah tersebut bisa lebih besar lagi untuk pesanan-pesanan pembelian.
·         Meningkatnya efisiensi operasional. Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan inter organisasional sebagian besar dimungkinkan oleh EDI dan ekstranet. Dengan mengganti dokumen kertas pada masing-masing aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.
·         Meningkatnya kemampuan untuk bersaing. Kombinasi antara turunya biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS, menjadikan para pesaing makin sulit untuk menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang ditawarkan.
·          Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang. Melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai suatu produk sampingan dari aktifitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
·         Memperbaiki layanan pelanggan. Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respon lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan berkurangnya tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam belanja produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
E.     STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 % dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting? Dua alasannya adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis. Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.

PRODUK-PRODUK DIGITAL
Beberapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. lagu, album, film, dan produk-produk serupa dapat dibeli dari situs-situs web seperti Sony (www.sony.com). Lending Tree (www.lendingtree.com) memungkinkan para penggunanya mendapat hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.
Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelinya. Sebagai contoh, musi yang anda download harus ditempatkan dalam suatu file atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainnya. Pelanggan, bukannya penjual, membayar media tersebut. Pembeli produk digital menanggung biaya transaksi yang substansial dilihat dari segi biaya computer, biaya koneksi online, media penyimpanan, dst.

PRODUK-PRODUK FISIK
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggannya. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan katalog telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan. Kantor Pos AS memberikan beberapa kelas pengiriman tergantung pada ukuran dan berat barang yang dikirimkan. Pos paket sering kali menjadi jasa yang paling murah yang diberikan, tetapi biasanya membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama.
Berkembangnya perusahaan-perusahaan pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan perusahaan-perusahaan lainnya, memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif dengan harga yang berbeda-beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada pelanggan dalam waktu 24 jam dari hampir seluruh lokasi di dunia. Dapat diberikan pula metode yang lebih lambat dari standar sehingga memungkinkan pelanggan mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayarkan. Perusahaan yang bergerak dalam e-commerce dapat tinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman surat/barang swasta daripada memberikan jasa itu sendiri.
Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktifitas B2C sebuah perusahaan. Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada setiap paket yang dihasilkan oleh penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Jika perusahaan menggunakan waktu pengiriman “3 hingga 10 hari kerja” antara pembelian dan pengiriman yang tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu rintangan bagi penjualan B2C. Dengan akses ke situs web pengirim, pelaggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih menarik.

PENJUALAN MAYA VERSUS CAMPURAN
Penjualan maya (vurtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat penjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko dimana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan mengkomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan memakan waktu. Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang relatif sedikit. Situs web Office Depot (www.officedepot.com) adalah contoh yang baik dari strategi ini.
Halaman muka web Office Depot memiliki sedikit gambar tetapi memberikan sejumlah link ke halaman-halaman yang mencari berbagai kelompok produk. Pelanggan dapat langsung menuju ke produk dengan hanya mengetikkan permintaan ke dalam produk kotak pencari produk tersebut. Semakin sedikit mouse yang dibutuhkan untuk mendapatkan produk semakin baik, tetapi kecepatan jauh lebih penting dari pada mengurangi jumlah klik mouse.
Perbandingan produk di dalam sebuah toko fisik akan dibantu oleh seorang pelayan toko. Suatu situs web dapat memberikan informasi yang sama dan jika dirancang dengan baik, memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menavigasi ke produk yang diinginkan, situs web akan memberikan link ke produk-produk lain yang serupa, tinjuan produk yang dilakukan oleh para pakar dan pelanggan-pelanggan lain, gambar dan uraian fisik produk, dan informasi lainnya. Beberapa pelanggan menghargai sentuhan manusia dalam proses penjualan, namun situs web dapat memberikan informasi yang jauh lebih banyak dari pada kebanyakan pelayan toko.
Pembayaran melalui intenet telah mandapatkan publikasi yang buruk. Meskipun informasi kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui internet dapat dicuri, risiko tersebut sangatlah kecil, jauh lebih kecil dibandingkan penggunaan kartu kredit yang lain.
Penjualan maya paling sering dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat berjualan fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis. Sebagai contoh, 1-800-Flowers (www.1800flowers.com) tidak memiliki toko fisik, karena model bisnisnya adalah menyediakan bunga ke seluruh Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Akan mahal bagi perusahaan untuk membangun toko-toko bunga di setiap tempat di mana perusahaan ingin berbisnis, khususnya ketika telah ada toko bunga lain di tempat-tempat tersebut. Sebagai gantinya, 1-800-Flowers bertindak sebagai makelar mengumpulkan dan mencari pesanan yang selanjutnya diberikan ke toko bunga lokal untuk disiapkan dan dikirimkan.
Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi brick and clik. Kebanyakan perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya. Office Depot memiliki tempat berjualan sebelum penjualan melalui internet dimungkinkan. Toko-toko tersebut juga bertindak sebagai etalase bagi produk-produk mulai dari meja dan kursi hingga pensil dan kertas. Bebrapa produk seperti kursi memiliki kemungkinan lebih besar untuk dijual kepada pelanggan dapat berinteraksi secara fisik dengannya.
Pada waktu yang sama, Office Depot ingin menawarkan kemudahan berbelanja bagi para pelanggannya melalui web. Penjualan B2C berarti bahwa Office Depot dapat menyimpan persediaan yang lebih sedikit di toko-tokonya. Office Depot dapat membangun toko-toko yang lebih kecil (yang mengurangi biaya operasinya) ketika dibutuhkan toko-toko baru. Di toko-toko yang sudah ada, ruangan yang lebih besar dapat diberikan pada produk-produk yang aktif terjual, yang selanjutnya memberikan hasil penjualan yang lebih besar bagi toko-toko tersebut.

PEMERINTAHAN ELEKTRONIK
Pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Salah satu contoh adalah Polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara lain pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Pemerintah daerah akan menentukan kapan pembelian sertifikat dapat mengklaim properti jika pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan. Jika pemilik properti membayar dan memenuhi persyaratan sertifikat pajak, maka pemilik akan tetap memiliki propertinya. E-commerce dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.

F.     LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Tantangan bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan, ia adalah teknologi di balik perdagangan. Banyak pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan telepon seluler dari pada menggunakan keyboard komputer. Kalangan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telepon seluler.

PERDAGANGAN BERGERAK
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau in commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant/ PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation/ 3G) telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan berita, transaksi atau pengumuman informasi keuangan, dan perbankkan. Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parkir adalah dua aplikasi yang mulai diterima di Eropa dan Jepang. Penjualan eceran mengalami pertumbuhan yang lambat, tetapi nampaknya pembayaran m-commerce di restoran-restoran cepat saji mulai banyak diterima.
NIRKABEL BERKELAS BISNIS DI SEMUA TEMPAT
Hot spot internet cukup memadai untuk penggunaan web umum maupun pribadi, namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi Starbuck adalah suatu cara yang kurang memadai bagi para profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari akses poin tersebut. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat.
Kebebasan dan kecepatan seperti itu tidaklah gratis. Pertama, harus membeli kartu seluler untuk laptop mereka untuk mengakses sinyal seluler. Kedua, tagihan akses jaringan bulanan dapat sebesar $80 per bulan atau lebih. Akan tetapi, jika kita memikirkan bahwa biaya akses modem kabel ke koneksi data berkecepatan tinggi di rumah membutuhkan biaya sebesar $50 atau lebih, biaya ekstra yang harus dikeluarkan bisa jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan tidak membutuhkan modem kabel dan mampu mengakses internet di semua lokasi di kota Anda.

G.    MENGGUNAKAN INTERNET
WORLD WIDE WEB
Pada tahun 1989, Tim Berners Lee, seorang ilmuwan komputer yang bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling berkomunikasi. Ide ini adalah dengan menggunakan hyper text (dokumen elektronik) yang saling terkait. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk world wide web. Ia juga memungkinkan dikirimkannya hyper media (multi media) yang terdiri atas teks, grafik, audio, dan video melalui world wibe web. World wide web, yang disebut juga sebagai web dan www, adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen-dokumen hyper media (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Istilah internet dan world wide web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. World wide web adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi atau kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain di dalam web.
·          Situs web. Sekumpulan halaman web (biasanya terdapat pada satu komputer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file hyper media yang dapat diakses dari komputer lain di dalam jaringan melalui link hyper text.
·          Link hyper text. Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hyper text yang disimpan di semua alamat situs web.
·         Halaman web. Suatu file hyper media yang tersimpan pada satu alamat situs web yang unik.
·          Home page. Halaman pertama suatu situs web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home page.
·         Browser. Peranti lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa hyper teks (hyper text markup language/ HTML).
·         Universal resource locator (URL). Alamat untuk suatu situs web.
·         Protokol. Sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. HTTP (hyper text transport protocol) adalah protokol untuk hyper text. Protokol umum web lainnya adalah FTP (file transfer protocol). Di dalam suatu URL, nama protokol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//)
·         Nama domain. Alamat di situs web di mana sebuah halaman web disimpan.
·         Path. Suatu direktori atau sub direktori dan file tertentu di situs web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hyper text.       
Netscape navigator adalah browser awal yang digunakan untuk melihat kandungan web dan masih dipergunakan hingga saat ini. Browser intenet yang paling populer adalah Internet Explorer dari Microsoft.
FILE TRANSFER PROTOCOL.
Dengan file transfer protocol (FTP), para pengguna dapat menyalin file ke komputer mereka dari semua situs web. Banyak situs FTP menawarkan pemindahan data dalam satu dirokteri saja. Beberapa perusahaan membuat situs FTP di luar premis utama mereka untuk memberikan file yang membuat informasi produk, update piranti lunak, rilis berita, dan informasi lain. Data yang sensitif tidak disimpan di situs di luar premis, dan lalu lintas internet yang memiliki volume besar tidak akan mengganggu operasi perusahaan karena sumber daya komputer perusahaan secara fisik terpisah dari situs di luar premis.

H.    CYBER SPACE DAN SUPER HIGH WAY INFOMASI
Istilah cyber space diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakannya dalam bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyber space berarti dunia internet dan world wide web.
Istilah super high way informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Analogi super high way itu sendiri sangat berguna. Pengguna yang menggunakan super high way informasi memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas hambatan yang membutuhkan sebuah kendaraan. Keduanya akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.

STANDAR INTERNET
Salah satu alasan utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai satu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun. Seorang pengguna dengan PC Dell atau work station Sun dapat mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan Power Book Apple.
Masyarakat internet dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet secara komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar internet kepada internet engineering task force/ IETF. sedangkan standar web berasal dari world wide web consortium (W3C).

I.       APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Protokol web dan browser juga lebih mudah untuk dipelajari dan dipergunakan dari pada bahasa query yang normalnya digunakan untuk mengambil informasi basis data.
Internet Software Consortium (www.isc.org) telah membuat grafik peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal 1990-an, menjadi lebih dari 353 juta pada bulan Juli 2005. Domain-domain baru ini mencerminkan kemungkinan pelanggan-pelanggan, pemasok, dan sekutu-sekutu bisnis baru.

E-COMMERCE DAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN RUMAH SAKIT
Rumah sakit telah melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat ekonomis dari pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual hanya berkisar 5 persen jika dibandingkan dengan keuntungan yang direalisasikan dari semakin kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standarisasi produk yang lebih baik, membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan manajerial lainnya.
Rumah sakit dapat menggunakn suatu protokol standar seperti internet untuk menggantikan EDI, yang membutuhkan sambungan yang terpisah di antara setiap vendor dan rumah sakit. Cap Gemini Ernst & Young telah merangkum suatu bursa perdagangan klinis (clinical commerce exchange) yang digunakan melalui internet sebagai ganti dari EDI.
Global Healthcare Exchange (www.ghx.com) membantu rumah sakit mengimplementasikan bursa perdagangan klinik. Perusahaan ini telah membantu satu klien, Cape Fear Valley Health System di Carolina Utara, dalam membuat satu sambungan bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam waktu satu jam.
Kecepatan dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang kuat untuk perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley System menunjuk pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Kecepatan dan efisiensi bursa perdagangan memungkinkan pembeli mencari alternatif-alternatif yang lebih hemat biaya.
APLIKASI RITEL
Aplikasi bisnis web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian rantai ritel besar telah hadir di web. Banyak peritel membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan dari pada nama toko mereka masing-masing. Cyber Town Mall (www.cybertown.com/malldir.html) dan 24 Hour Mall (www.24hourmall.com) adalah dua kumpulan toko seperti itu.
Beberapa operasi ritel juga mengubah wajah informasi web. Autobytel.com,Inc (www.autobytel.com) menawarkan persediaan mobil, pendanaan, asuransi, dan layanan-layanan lainnya. Amazon.com (www.amazon.com) telah berkembang dari hanya menjual buku menjadi menawarkan music, video, barang-barang elektronik bahkan mainan, dan permainan. Statistik pembelian online juga menarik. Lebih dari 70 persen pengguna internet melakukan pembelian online selama setahun. Trendnya adalah semakin banyak belanja online. Satu survei pada tahun 2003 oleh Harris Interactive (www.harris-interactive.com) menemukan bahwa konsumen berusia 8 hingga 21 tahun menghabiskan 14 persen penghasilan mereka secara online.

J.      SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
1. Pastikan situs web Anda kuat. Ketika Anda memberikan komitmen pada suatu proyek web, bersiaplah pergi ke luar halaman web dan mengaitkan basis data Anda dengan web melalui aplikasi-aplikasi Anda. Hal ini memungkinkan Anda mengintegrasikan web ke dalam sistem informasi berbasis komputer yang Anda miliki dari pada hanya menggunakannya sebagai satu cara untuk menyediakan dan mendapatkan informasi. Integritas dengan basis data perusahaan adalah satu hal yang penting.
2. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. Hal ini akan memungkinkan Anda menangani perkembangan di masa mendatang dan memberikan akses cepat bagi para pengguna.
3. Menekankan isi. Jangan terjebak pada gambar, audio, dan video sehingga Anda melupakan saran utama dalam menyediakan informasi. Untuk isi yang kuat, tidak ada yang dapat mengalahkan naratif dan tampilan bentuk tabel.
4. Sering diperbarui. Mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu datang kembali. Pembaruan setiap hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi banyak perusahaan.
5. Melihat di luar pelanggan. Gunakan internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsur lingkungan perusahaan kecuali pesaing tentunya.
6. Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. Mendorong pengunjung untuk mendatarkan nama, alamat, dan minat mereka pada situs Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan halaman situs Anda sesuai dengan kebutuhan pengguna.
7. Menjadikan internet intuitif. Lakukan segala hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs web Anda secepat dan seefisien mungkin. Jangan terlalu banyak menggunakan grafik, karena akan memperlambat tampilan. Ingat, rancang antar muka dari sudut pandang pengguna, bukan perusahaan.
8. Berada di lokasi web yang tepat. Jika situs web Anda tidak menghasilkan lalu lintas sebanyak yang Anda harapkan, pertimbangkan untuk mengaitkannya dengan situs-situs lain, seperti situs asosiasi perdagangan dan industri dan organisasi-organisasi profesional.
9. Ciptakan rasa kebersamaan. Libatkan penggunaan dalam situs Anda dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya. Gunakan situs-situs interaktif web seperti sistem papan buletin dan e-mail.













BAB 3
KESIMPULAN
Perdagangan elektronik (yang biasa disebut e-commerce) yaitu meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing-masing melalui internet. Sedangkan definisi luas yang  diberikan mengenai e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Inteligensi bisnis (business intelligence/ BI) adalah aktifitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Istilah internet dan world wide web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. World wide web adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi atau kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain di dalam web.
Saran-saran keberhasilan penggunaan internet yaitu:
1.      Pastikan situs web Anda kuat.
2.      2.Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif.
3.      Menekankan isi.
4.      Sering diperbarui.
5.      Melihat di luar pelanggan.
6.      Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
7.      Menjadikan internet intuitif.
8.      Berada di lokasi web yang tepat.
9.      Ciptakan rasa kebersamaan.







DAFTAR PUSTAKA

McLeod,Jr,Raymond., Schell, George P. 2008. Sistem Informasi Manajemen.Jakarta. Salemba Empat

3 komentar:

  1. Ecommerce label printer, I choose this one thermal printer

    BalasHapus
  2. The post is written in very a good manner and it contains much useful information for me. If you are interested in best label printer, please check the link.

    BalasHapus
  3. We "US Shop Tools" manufacturer & Supplier Of Best Round Jaws,Lathe jaws,Strong Chuck jaws,Soft & Hard jaws,Nuts,Machine tools,Metalworking,etc.based in USA

    metal working tools

    BalasHapus