BAB
1
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Perdagangan elektronik yang biasa
disebut e-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer
untuk melaksanakan proses bisnis. Sebagaian besar e-commerce, terjadi
antarbisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.Tetapi pandangan populer
tentang e-commerce ini adalah tentang penggunaan internet dan komputer
dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Memang tidak salah,
tapi pandangan ini hanyalah sebagian kecil bagian tentang e-commerce.
Definisi sempit mengenai perdagangan
elektronik (yang biasa disebut e-commerce) yaitu meliputi
transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang
menghubungkan computer mereka masing-masing melalui internet. Ini artinya hanya
transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
diklasifikasikan sebagai e-commerce.
Sedangkan definisi luas yang
diberikan mengenai e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat
memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Maka dengan
pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa arti penting dan keuntungan dari
perdagangan elektronik?
2. Bagaimana perdagangan elektronik
saat ini menyatu dengan proses bisnis sehari-hari?
3. Apa perbedaan antara perdagangan
elektronik, bisnis ke bisnis dan
perdangan elektronik bisnis ke konsumen?
4. Apa sajakah contoh-contoh perdangan
elektronik bisnis ke bisnis dan perdagangan elektronik bisnis ke konsumen?
5. Apa peranan yang dimainkan oleh
system interorganisasional, internet, dan world wide web dalam perdagangan
elektronik?
6. Apa sajakah factor-faktor yang
mempengaruhi penerapan system interorganisasional?
7. Bagaimana perpindahan pertukaran
data elektronik ke berbagai praktik pertukaran data standard web?
8. Mengapa banyak perusahaan memilih
untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik?
C.
TUJUAN PENULISAN
1. Untuk menyelesaikan tugas kelompok Mata
Kuliah Sistem Informasi Manajemen
2. Untuk mengetahui apa arti penting
dan keuntungan dari perdagangan elektronik
3. Untuk mengetahui bagaimana
perdagangan elektronik saat ini menyatu dengan proses bisnis sehari-hari
4. Untuk mengetahui apa perbedaan
antara perdagangan elektronik, bisnis ke
bisnis dan perdangan elektronik bisnis ke konsumen
5. Untuk mengetahui apa sajakah
contoh-contoh perdangan elektronik bisnis ke bisnis dan perdagangan elektronik
bisnis ke konsumen
6. Untuk mengetahui apa peranan yang
dimainkan oleh system interorganisasional, internet, dan world wide web dalam
perdagangan elektronik
7. Untuk mengetahui apa sajakah
factor-faktor yang mempengaruhi penerapan system interorganisasional
8. Untuk mengetahui bagaimana
perpindahan pertukaran data elektronik ke berbagai praktik pertukaran data
standard web
9. Untuk mengetahui mengapa banyak
perusahaan memilih untuk memiliki toko maya (virtual) maupun toko fisik
BAB
2
PEMBAHASAN
A.
PERDAGANGAN
ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan
perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce)
dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi
transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang
menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui Internet. Definisi yang
sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas
batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas
perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Membatasi transaksi internal versus
eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan
menawarkan banyak bantuan, karena kebanyakan orang menganngap bisnis elektronik
dan perdagangan elektronik sebagai suatu hal yang sama.
Kita akan melihat pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce
dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan
pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdanganan
elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan
di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia,
layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Bidang bisnis itu
sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang-bidang
organisasi yang lain. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan antar muka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas
di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen
business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi
antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-Commerce bisnis-ke-bisnis
(business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis di mana
tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Sebagai contoh, dalam rantai
distribusi, dari produsen ke distributor ke toko eceran ke konsumen, seluruh
transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain adalah B2B sampai transaksi
terjadi antara toko eceran dengan konsumen, yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit,
biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan
yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat
terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang
terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena transaksi terjadi antar bisnis,
jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi.
Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan
unit produk dan nilai jutaan dolar.
Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.
Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi,
sehingga situs Web harus memberi intruksi dan bantuan. Jika konsumen
berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang lambat, jumlah gambar
yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi. Cara pembayaran perlu dibuat dalam
sistem B2C (sistem B2B pada umunya mendapatkan informasi pembayaran dalam
sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik). Semua perbedaan ini
digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C memiliki waktu download dengan cepat, intruksi untuk navigasi situs, kereta
belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual, dan metode
untuk menyimpan profil penggunaan (alamat, nomor baru kartu kredit, dan
semacamnya). Situs-situs seperti WWW.180FLOWERS.COM, WWW.HOMEDEPOT.COM, WWW.USP.GOV (Jasa Pos AS) telah dikenal banyak
peninjau situs Web sebagai situs yang dirancang dengan cukup baik untuk
transaksi B2C.
Pemerintah juga semakin meningkat partisipasinya alam pemerintahan elektronik (yang terkadang
disebut e-gov). Masyarakat Carolina
Utara dapat terhubung dengan situs Clik@DMV yang terdapat pada halaman Web
Departemen Kendaraan Bermotor (WWW.DMV.DOT.STATE.NC.US) untuk memperpanjang nomor polisi
kendaraan mereka. New York (WWW.NYC.GOV) memungkinkan warganya membayar
denda parkir dan beban-beban lainnya secara online.
Direktorat Jendral Pajak AS (Internal
Revenue Service WWW.IRS.GOV) memberikan berbagai macam layanan,
mulai dari pengisian formulir pajak penghasilan secara gratis hingga
kelas-kelas online guna membantu para
wajib pajak menghitung pajak mereka.
Layanan informasi memainkan peran
penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Dimasa lalu,
konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi; namun,
konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan menjadi transaksi dari
konsumen hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak lainnya terkena dampak dari
diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari
E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce
untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan.
Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari manfaat utama.
·
Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah
penjualan
·
Perbaikan hubungan dengan pemasokan dan komunikasi keuangan
·
Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan
investasi pemilik
Manfaat-manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada
stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik
di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer. Ingat
bahwa peningkatan laba tidak termasuk ke dalam manfaat yang diharapkan dari e-commerce. Laba adalah hasil dari
sebuah organisasi yang mencapai tujuan e-commerce
adalah sarana pendukung yang kuat dapat membantu organisasi mencapai
tujuannya.
Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1996, 60% perusahaan yang memberikan
respons menunjukan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam
waktu tiga tahun ke depan. Bahkan pada tahun 2004, Departemen Perdagangan AS
melaporkan bahwa 2,3% dari seluruh penjualan ritel kuartal keempat dilakukan
dalam bentuk e-commerce. Perusahaan
yang telah mengimplementasikan sistem menggunakannya terutama untuk melakukan
transaksi dengan pemasok dan pelanggan (pada tingkat 90%), dan proses-proses
utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran, dan
faktur.
Ketika ditanyakan mengenai alesan dari kehati-hatiannya,
perusahaan menyebutkan tiga kendala yaitu :
·
Biaya yang tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan
·
Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala di atas akan semakin tertantang
seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber
daya komputasi pada akhirnya akan menurun. Hukum Moore meramalkan penggandaan
kekuatan komputer setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan,
biaya e-commerce akan menurun.
Keamanan adalah
satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya
menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus
untuk akses yang tidak terotorisasi. Jaringan-jaringan ini telah terbukti
sangat aman bagi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan seperti
VeriSign (www.verisign.com) telah
menambah langkah-langkah aman yang membawa tingkat kepercayaan yang lebih
tinggi bagi transaksi-transaksi internet.
RUANG LINGKUP E-COMMERCE
Ketika Anda membaca
bagian ini, pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang
lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu beberapa bulan. Anda hendaknya
mengunjungi www.census.gov dan hubungkan ke
halaman web e-stats untuk mengetahui angka-angka e-commerce yang
terakhir.
E-commerce menyumbang hampir $1,7
triliun untuk aktifitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce
telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap
tahunnya selama lima tahun terakhir. Lebih dari 21 persen penjualan pabrik
produksi AS ($843) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce.
Hampir 17 persen penjualan dari distributor ($730 miliar) adalah e-commerce.
E-commerce memiliki arti penting
khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang
menyumbangkan persentase dollar penjualan dalam jumlah besar dalam
segmen-segmen tersebut.
JALAN MENUJU E-COMMERCE
Ketika sebuah
perusahaan merasa sebuah manfaat yang diharapkan lebih besar dari pada biaya
dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut
menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu
pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk
menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan
pertama-tama harus memperoleh kecerdasan (business intelligence)
sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan
dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
B. INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS
INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business
intelligence/ BI) adalah aktifitas pengumpulan informasi mengenai
unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
BASIS DATA EKSTERNAL
Perusahaan tidak harus
mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data
komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
Lexis-Nexis (www.lexisnexis.com)
memberikan informasi hukum, keuangan, dan pemerintah dari berbagai macam
sumber. Dialog (www.dialog.com) meliputi
berita, bisnis, pemerintah, dan sumber-sumber lain. DowJones.com (www.dowjones.com) menawarkan berbagai macam
informasi mengenai masalah-masalah keuangan. Global eXchange Service (www.gxs.com) menjual jasa yang ditujukan pada
pengintegrasian transaksi-transaksi elektronik untuk rantai pasokan global.
Perusahaan
menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena
ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber
informasi. Reuters (www.reuters.com) dapat
mencari dari menganalisis media berita untuk subjek-subjek yang menjadi
perhatian bagi sebuah perusahaan dengan lebih efektif dan efisien dari pada
yang dapat dilakukan sendiri oleh kebanyakan perusahaan.
ThomasNet
(www.thomasnet.com) adalah salah satu
contoh dari sebuah basis data yang memberikan sejumlah besar informasi secara
gratis dan juga memberikan jasa dengan mengenakan biaya. Thomas Register
memberikan indeks untuk lebih dari 170.000 perusahaan AS dan Kanada dan dapat
digunakan untuk memperoleh informasi mengenai produk dan pemasoknya. Semua
catatan memberikan nama, alamat, nomor telepon, dan kode industri untuk
perusahaan-perusahaan tersebut, sekaligus juga nama merek, merek dagang, dan
uraian produk-produk perusahaan.
Perpustakaan
Kongres (www.loc.gov) menawarkan beragam topik
bagi para periset di banyak bidang. Biro Sensus (www.census.gov)
memuat harta karun informasi menyangkut demografi penduduk di Amerika Serikat.
Biro Statistik Tenaga Kerja (www.bls.gov)
memiliki informasi mengenai inflasi, upah, data internasional, dan banyak lagi.
Perusahaan dapat masuk ke catatan-catatan Bapepam (Securities and Exchange
Commission - www.sec.gov) untuk melihat
berbagai laporan keuangan yang diperlukan melalui basis data EDGAR. EDGAR
adalah electronic data gathering, analysis, and retrieval
system (sistem pengumpulan, analisis, dan pengambilan data elektronik).
MESIN
PENCARI
|
Suatu mesin pencari (search engine)
adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok
kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs
web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di
situs-situs web tersebut. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan mesin
pencari untuk menemukan ketersediaan kamar hotel (Figur 1). Dalam asumsi kita,
program-program khusus yang membuat indeks situs dan menciptakan direktori
kategori situs akan dianggap sebagai sub bagian dari mesin pencari. Konsumen
yang tertarik dalam e-commerce B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan
menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon vendor. Mesin pencari lalu
memperkirakan seberapa bermanfaat situs yang mengandung kata-kata yang dicari
dan menyajikan penanya dengan alamat-alamat situs web dan dokumen-dokumen yang
memuat kata-kata yang telah dipilih.
Yahoo!
(www.yahoo.com), Excite (www.excite.com), Alta Vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com), Google (www.google.com), dan AskJeeves (www.askjeeves.com) adalah sebagian kecil
situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk
mencari informasi yang dapat diakses melalui web. Situs-situs kemudian
diorganisasikan dengan cara yang akan membuat mereka untuk mudah digunakan.
Pencarian dapat dilakukan secara sederhana atau menggunakan fitur-fitur yang
lebih canggih untuk mencari kombinasi kata-kata kunci yang rumit. Tidak ada
biaya untuk menggunakan mesin-mesin pencari ini. Akan tetapi, ada beberapa
organisasi yang membayar perubahaan mesin pencari untuk menampilkan
produk-produknya di dalam daftar hasil pencarian.
Langkah
pertama menuju pencapaian e-commerce adalah mendapatkan pemahaman
mengenai lingkungan di mana perdagangan akan dilaksanakan. Sebagian besar
kecerdasan ini dapat dikumpulkan oleh cara-cara non komputer, seperti melalui
survei, pengamatan, percakapan informal, laporan lapangan, surat kabar dan
artikel-artikel makalah perdagangan, dan seterusnya. Akan tetapi, basis data komputer
menjadi pemindaian volume-volume informasi dalam jumlah besar mungkin untuk
dilakukan dengan cepat, mudah, dan menyeluruh.
C. STRATEGI
E-COMMERCE DAN SISTEM INTER ORGANISASIONAL
Masalah dalam
menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberfapa kemungkinan
solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana
unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang
diberikan untuk strategi ini adalah sistem inter organisasional (inter organizational
system/ IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah
EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran
data elektonik). Kedua istilah di atas sering kali saling bertukar penggunaan,
tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI dianggap sebagai sub
kumpulan dari suatu sistem inter organisasional. Pertukaran data elektronik
adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem inter organisasional.
Ekstranet, yang serupa dengan internet tetapi terbatas hanya untuk mitra-mitra
bisnis yang terpilih dan terpercaya, di beberapa organisasi mulai menggantikan EDI.
D. SISTEM INTER
ORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui
bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain
untuk menciptakan suatu sistem inter organisasional (inter organizational
system/ IOS) sehingga semua perusahaaan bekerja bersama sebagai
suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri
oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut
sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
E-commerce merupakan suatu hal
yang fundamental bagi sistem inter organisasional. E-commerce dan EDI
adalah jalan bebas hambatan bagi sistem inter organisasional. Pertukaran
sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk
mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi
untuk bersaing. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer,
organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit kemampuan
yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya.
E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi system interorganisasional.
MANFAAT IOS
Sekutu dagang dapat
memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan
dua manfaat penting, efisiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
EFISIENSI KOMPARATIF.
Dengan bergabungnya
dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan
tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa
dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan
para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
§ Efisiensi internal
terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga
memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan
mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
§ Efisiensi inter organisasional meliputi
perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan
perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan menawarkan
lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan
pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan, dan mengumpulkan
data lingkungan dengan lebih murah.
KEKUATAN
PENAWARAN
Kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan
perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan
ini diambil dari tiga area dasar dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik
dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan
meningkatkan biaya perpindahan.
·
Fitur-fitur
produk yang unik. Hubungan-hubungan
elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih
baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan pesanan yang lebih mudah,
pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon yang lebih cepat dalam permintaan
informasi. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi suatu fitur dari produk-produk
perusahaan, membuatnya menjadi lebih menarik dari pada produk-produk serupa
yang ditawarkan oleh pesaing.
·
Menurunkan
biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. Dengan tergabung dalam suatu IOS,
perusahaan dapat menurunkan biaya belanja yang ditanggung oleh para
pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk
alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah. Karena perusahaan adalah
pelanggan bagi pemasoknya, perusahaan dapat merealisasikan pengurangan biaya
belanja yang sama ketika memesan dari para pemasoknya.
·
Meningkatkan
biaya perpindahan.
Sebuah perusahaan ingin membuat mahal, baik itu biaya dan atau kemudahan, bagi
para pelanggannya untuk berpindah ke perusahaan pesaingnya. IOS mencapai
manfaat ini dengan memberikan para pelanggannya sumber daya informasi seperti
peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan harus
diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.
Penambahan
persediaan oleh vendor
adalah suatu jenis IOS khusus di mana pelanggan memberikan cukup kepercayaan
bagi pemasok untuk mengizinkannya untuk mengakses sistem persediaan yang
berbasis komputer yang dimilikinya. Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan
akses basis data kepada pemasok. Sebagai perlindungan, perusahaan dapat membuat
salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan
pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja, bukannya keseluruhan sistem
basis data perusahaan.
EDI
EDI terdiri atas transmisi
data langsung komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat
dibaca oleh mesin. Transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa
harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa
pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon
(AT&T, MCI, dan lain-lain).
Ketika jasa yang
menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit)
diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah (value
added network/ VAN). Beberapa orang berpendapat bahwa VAN sebenarnya
adalah EDI yang telah dikontrakkan kepada suatu vendor.
EDI
adalah
implementasi dominasi dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan
menggunakan EDI, Jika dibandingkan
dengan alternative-alternatif IOS
lainnya. Meskipun EDI lebih mhal
(membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000 untuk sambungan selama
setahun dengan satu vendor atau pelanggan) dan merepotkan dari pada system
komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan metode yang
terdepan.
EKSTRANET
Ekstranet (extranets)
adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya
informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan
menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun
juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet
sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras
komunikasi yang lebih mahal yang terkait dengan EDI.
Ekstranet menggunakan
internet untuk komunikasi dan browser standar web untuk menavigasi situs
dan bertukar data. Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan juga
mudah dipergunakan. Salah satu metode, pretty good privacy, yang umumnya
dikenal sebagai PGP (www.pgp.com),
sangatlah aman, mudah digunakan, dan tidak mahal.
SEKUTU-SEKUTU BISNIS
PROAKTIF DAN REAKTIF
Ketika sebuah
perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat
melakukannya dalan cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya
mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong
partisipasi di dalam jaringan. Para partisipasi pada umumnya merespon dengan
cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
PENGARUH PENERAPAN
|
Pada suatu artikel Decision
Sciences tahun 1995, dua Profesor SIM G. Premkumar dan K.
Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan
untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang
menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
·
Tekanan
kompetitif.
Ketika suatu perusahaan dalam posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau
ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat,
perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang
reaktif. Peneliti-peneliti baru-baru ini telah mengusulkan bahwa tekanan
kompetitif adalah alasan yang paling sering melatarbelakangi penerapan EDI oleh
perusahaan.
·
Penggunaan
kekuasaan.
Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain,
ia akan proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki
kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para
sekutu dagangnya mempergunakan IOS atau berbisnis di tempat lain.
·
Kebutuhan
internal.
Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu
cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan
pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
·
Dukungan
manajemen puncak.
Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara proaktif ataupun
reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika
manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak
berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.
|
Beberapa manfaat dari
sistem inter organisasional seperti EDI dan ekstranet didorong secara
langsung dari teknologi. Ini merupakan manfaat langsung dari berkurangnya
kesalahan, entri data, biaya yang lebih rendah, dan meningkatnya efisiensi operasional.
Manfaat tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing,
perbaikan hubungan dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.
·
Mengurangi
kesalahan.
Dengan tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam sistem,
kesalahan entri data dapat dikurangi. Sebuah studi oleh EDI Grup Ltd.
menemukan bahwa tingkat kesalahan dapat diturunkan dari 10 persen data yang
dimasukkan tanpa menggunakan EDI hingga 5 persen dengan menggunakan EDI.
·
Menurunkan
biaya. Penurunan
biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang
berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual
penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi. Penurunan biaya untuk semua
jenis dokumen dapat sebesar $1,30 hingga $5,50 per dokumen, dan jumlah tersebut
bisa lebih besar lagi untuk pesanan-pesanan pembelian.
·
Meningkatnya
efisiensi operasional.
Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan inter organisasional sebagian
besar dimungkinkan oleh EDI dan ekstranet. Dengan mengganti dokumen
kertas pada masing-masing aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan
terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.
·
Meningkatnya
kemampuan untuk bersaing.
Kombinasi antara turunya biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang
dimungkinkan oleh IOS, menjadikan para pesaing makin sulit untuk
menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang ditawarkan.
·
Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang.
Melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan sekutu dagang, maka
secara alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai suatu produk sampingan
dari aktifitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk
mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
·
Memperbaiki
layanan pelanggan.
Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respon lebih
cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan
berkurangnya tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam belanja
produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
E.
STRATEGI
B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce
B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 %
dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi
bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu penting? Dua alasannya adalah
semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital
dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk
melakukan pembelian menggunakan web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi
komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital
menjadi lebih praktis. Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi
kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.
PRODUK-PRODUK DIGITAL
Beberapa produk dan
jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan
telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet.
lagu, album, film, dan produk-produk serupa dapat dibeli dari situs-situs web
seperti Sony (www.sony.com). Lending Tree (www.lendingtree.com) memungkinkan para
penggunanya mendapat hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka
melalui internet.
Satu perbedaan utama
antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web
adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan
lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelinya.
Sebagai contoh, musi yang anda download harus ditempatkan dalam suatu file atau
pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainnya. Pelanggan, bukannya
penjual, membayar media tersebut. Pembeli produk digital menanggung biaya
transaksi yang substansial dilihat dari segi biaya computer, biaya koneksi
online, media penyimpanan, dst.
PRODUK-PRODUK FISIK
Barang-barang fisik
tidak dapat dikonsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan ke
pelanggannya. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan katalog telah
menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil
alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan. Kantor Pos AS memberikan
beberapa kelas pengiriman tergantung pada ukuran dan berat barang yang
dikirimkan. Pos paket sering kali menjadi jasa yang paling murah yang diberikan,
tetapi biasanya membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama.
Berkembangnya
perusahaan-perusahaan pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx dan UPS
telah secara langsung membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan
perusahaan-perusahaan lainnya, memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif
dengan harga yang berbeda-beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada
pelanggan dalam waktu 24 jam dari hampir seluruh lokasi di dunia. Dapat
diberikan pula metode yang lebih lambat dari standar sehingga memungkinkan
pelanggan mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayarkan. Perusahaan yang
bergerak dalam e-commerce dapat tinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman
surat/barang swasta daripada memberikan jasa itu sendiri.
Sebagian besar perusahaan
jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktifitas B2C sebuah
perusahaan. Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada setiap paket yang
dihasilkan oleh penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk
melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke
depan pintu rumah mereka. Jika perusahaan menggunakan waktu pengiriman “3
hingga 10 hari kerja” antara pembelian dan pengiriman yang tidak jelas, maka ia
dapat menjadi satu rintangan bagi penjualan B2C. Dengan akses ke situs web
pengirim, pelaggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas
pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi
lebih menarik.
PENJUALAN MAYA VERSUS CAMPURAN
Penjualan maya (vurtual
sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak
mengoperasikan tempat penjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko
dimana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan
memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat
membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan
biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan
menghasilkan pengiriman produk.
Satu kesulitan yang
dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan
informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya
adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan
mengkomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan memakan waktu.
Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan
sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang
relatif sedikit. Situs web Office Depot (www.officedepot.com)
adalah contoh yang baik dari strategi ini.
Halaman muka web
Office Depot memiliki sedikit gambar tetapi memberikan sejumlah link ke
halaman-halaman yang mencari berbagai kelompok produk. Pelanggan dapat langsung
menuju ke produk dengan hanya mengetikkan permintaan ke dalam produk kotak
pencari produk tersebut. Semakin sedikit mouse yang dibutuhkan untuk
mendapatkan produk semakin baik, tetapi kecepatan jauh lebih penting dari pada
mengurangi jumlah klik mouse.
Perbandingan produk di
dalam sebuah toko fisik akan dibantu oleh seorang pelayan toko. Suatu situs web
dapat memberikan informasi yang sama dan jika dirancang dengan baik, memberikan
lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menavigasi ke produk yang diinginkan,
situs web akan memberikan link ke produk-produk lain yang serupa,
tinjuan produk yang dilakukan oleh para pakar dan pelanggan-pelanggan lain,
gambar dan uraian fisik produk, dan informasi lainnya. Beberapa pelanggan
menghargai sentuhan manusia dalam proses penjualan, namun situs web dapat
memberikan informasi yang jauh lebih banyak dari pada kebanyakan pelayan toko.
Pembayaran melalui
intenet telah mandapatkan publikasi yang buruk. Meskipun informasi kartu kredit
yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui internet dapat dicuri, risiko
tersebut sangatlah kecil, jauh lebih kecil dibandingkan penggunaan kartu kredit
yang lain.
Penjualan maya paling
sering dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat
berjualan fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara
ekonomis. Sebagai contoh, 1-800-Flowers (www.1800flowers.com)
tidak memiliki toko fisik, karena model bisnisnya adalah menyediakan bunga ke
seluruh Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Akan mahal bagi perusahaan
untuk membangun toko-toko bunga di setiap tempat di mana perusahaan ingin
berbisnis, khususnya ketika telah ada toko bunga lain di tempat-tempat
tersebut. Sebagai gantinya, 1-800-Flowers bertindak sebagai makelar
mengumpulkan dan mencari pesanan yang selanjutnya diberikan ke toko bunga lokal
untuk disiapkan dan dikirimkan.
Penjualan campuran
terkadang disebut sebagai operasi brick and clik. Kebanyakan perusahaan
memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana
bisnisnya. Office Depot memiliki tempat berjualan sebelum penjualan melalui
internet dimungkinkan. Toko-toko tersebut juga bertindak sebagai etalase bagi
produk-produk mulai dari meja dan kursi hingga pensil dan kertas. Bebrapa
produk seperti kursi memiliki kemungkinan lebih besar untuk dijual kepada
pelanggan dapat berinteraksi secara fisik dengannya.
Pada waktu yang sama,
Office Depot ingin menawarkan kemudahan berbelanja bagi para pelanggannya
melalui web. Penjualan B2C berarti bahwa Office Depot dapat menyimpan
persediaan yang lebih sedikit di toko-tokonya. Office Depot dapat membangun
toko-toko yang lebih kecil (yang mengurangi biaya operasinya) ketika dibutuhkan
toko-toko baru. Di toko-toko yang sudah ada, ruangan yang lebih besar dapat diberikan
pada produk-produk yang aktif terjual, yang selanjutnya memberikan hasil
penjualan yang lebih besar bagi toko-toko tersebut.
PEMERINTAHAN
ELEKTRONIK
Pemerintah juga dapat
mengambil manfaat dari e-commerce. Salah satu contoh adalah Polk Country
di Florida. Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk
melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak
adalah cara lain pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang
belum dibayar. Pemerintah daerah akan menentukan kapan pembelian sertifikat
dapat mengklaim properti jika pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan.
Jika pemilik properti membayar dan memenuhi persyaratan sertifikat pajak, maka
pemilik akan tetap memiliki propertinya. E-commerce dapat memberikan
keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.
F. LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Tantangan bagi e-commerce
lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan, ia adalah teknologi di
balik perdagangan. Banyak pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan telepon
seluler dari pada menggunakan keyboard komputer. Kalangan pebisnis
selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telepon seluler.
PERDAGANGAN BERGERAK
Perdagangan bergerak (mobile
commerce atau in commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan
asisten digital pribadi (personal digital assistant/ PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya
teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital,
istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation/ 3G)
telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu
memindahkan data.
Aplikasi-aplikasi awal
m-commerce meliputi layanan berita, transaksi atau pengumuman informasi
keuangan, dan perbankkan. Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parkir adalah
dua aplikasi yang mulai diterima di Eropa dan Jepang. Penjualan eceran
mengalami pertumbuhan yang lambat, tetapi nampaknya pembayaran m-commerce di
restoran-restoran cepat saji mulai banyak diterima.
NIRKABEL BERKELAS
BISNIS DI SEMUA TEMPAT
Hot spot internet cukup memadai
untuk penggunaan web umum maupun pribadi, namun memeriksa e-mail di
sebuah kedai kopi Starbuck adalah suatu cara yang kurang memadai bagi para
profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan
suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian
dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel suatu wilayah yang kurang lebih
berjarak 100 meter dari akses poin tersebut. Komunikasi nirkabel yang
kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan
telepon seluler akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas
bisnis hampir di semua tempat.
Kebebasan dan
kecepatan seperti itu tidaklah gratis. Pertama, harus membeli kartu seluler
untuk laptop mereka untuk mengakses sinyal seluler. Kedua, tagihan akses
jaringan bulanan dapat sebesar $80 per bulan atau lebih. Akan tetapi, jika kita
memikirkan bahwa biaya akses modem kabel ke koneksi data berkecepatan tinggi di
rumah membutuhkan biaya sebesar $50 atau lebih, biaya ekstra yang harus
dikeluarkan bisa jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan tidak membutuhkan
modem kabel dan mampu mengakses internet di semua lokasi di kota Anda.
G. MENGGUNAKAN INTERNET
WORLD WIDE WEB
Pada tahun 1989, Tim
Berners Lee, seorang ilmuwan komputer yang bekerja di CERN, Laboratorium
Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk
saling berkomunikasi. Ide ini adalah dengan menggunakan hyper text (dokumen
elektronik) yang saling terkait. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan
tahun 1992 dalam bentuk world wide web. Ia juga memungkinkan dikirimkannya
hyper media (multi media) yang terdiri atas teks, grafik, audio, dan
video melalui world wibe web. World wide web, yang disebut juga
sebagai web dan www, adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di
mana dokumen-dokumen hyper media (file-file komputer) disimpan
dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat
yang unik.
Istilah internet dan world
wide web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. World
wide web adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi
atau kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan
dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link
dengan dokumen-dokumen lain di dalam web.
·
Situs web. Sekumpulan halaman web
(biasanya terdapat pada satu komputer) yang terhubung dengan internet dan
menyimpan file-file hyper media yang dapat diakses dari komputer lain di
dalam jaringan melalui link hyper text.
·
Link hyper text. Suatu petunjuk
yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hyper text
yang disimpan di semua alamat situs web.
·
Halaman
web.
Suatu file hyper media yang tersimpan pada satu alamat situs web yang
unik.
·
Home page. Halaman pertama suatu
situs web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home
page.
·
Browser. Peranti lunak yang
dirancang untuk menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis
dalam bahasa hyper teks (hyper text markup language/ HTML).
·
Universal
resource locator (URL). Alamat untuk suatu
situs web.
·
Protokol. Sekumpulan standar
yang mengatur komunikasi data. HTTP (hyper text transport protocol)
adalah protokol untuk hyper text. Protokol umum web lainnya adalah FTP
(file transfer protocol). Di dalam suatu URL, nama
protokol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//)
·
Nama
domain.
Alamat di situs web di mana sebuah halaman web disimpan.
·
Path. Suatu direktori atau
sub direktori dan file tertentu di situs web. HTML (atau HTM)
adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hyper text.
Netscape navigator adalah browser awal
yang digunakan untuk melihat kandungan web dan masih dipergunakan hingga saat
ini. Browser intenet yang paling populer adalah Internet Explorer dari
Microsoft.
FILE TRANSFER PROTOCOL.
Dengan file
transfer protocol (FTP), para pengguna dapat menyalin file ke
komputer mereka dari semua situs web. Banyak situs FTP menawarkan
pemindahan data dalam satu dirokteri saja. Beberapa perusahaan membuat situs FTP
di luar premis utama mereka untuk memberikan file yang membuat
informasi produk, update piranti lunak, rilis berita, dan informasi
lain. Data yang sensitif tidak disimpan di situs di luar premis, dan lalu
lintas internet yang memiliki volume besar tidak akan mengganggu operasi
perusahaan karena sumber daya komputer perusahaan secara fisik terpisah dari
situs di luar premis.
H.
CYBER SPACE DAN SUPER HIGH WAY INFOMASI
Istilah cyber space
diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakannya
dalam bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi. Kini, cyber space berarti dunia internet
dan world wide web.
Istilah super high way informasi
digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh
mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk
menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah
informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Analogi super high
way itu sendiri sangat berguna. Pengguna yang menggunakan super high way
informasi memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna
jalan bebas hambatan yang membutuhkan sebuah kendaraan. Keduanya akan
melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
STANDAR INTERNET
Salah satu alasan
utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para
pengguna komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai
satu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun.
Seorang pengguna dengan PC Dell atau work station Sun dapat
mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan Power Book
Apple.
Masyarakat internet
dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet secara
komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar
internet kepada internet engineering task force/ IETF. sedangkan
standar web berasal dari world wide web consortium (W3C).
I. APLIKASI
BISNIS INTERNET
Internet dapat
digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,
termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Protokol web
dan browser juga lebih mudah untuk dipelajari dan dipergunakan dari pada
bahasa query yang normalnya digunakan untuk mengambil informasi basis data.
Internet Software
Consortium (www.isc.org) telah membuat grafik
peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal 1990-an, menjadi lebih
dari 353 juta pada bulan Juli 2005. Domain-domain baru ini mencerminkan
kemungkinan pelanggan-pelanggan, pemasok, dan sekutu-sekutu bisnis baru.
E-COMMERCE DAN MANAJEMEN RANTAI
PASOKAN RUMAH SAKIT
Rumah sakit telah
melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat
ekonomis dari pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual
hanya berkisar 5 persen jika dibandingkan dengan keuntungan yang direalisasikan
dari semakin kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standarisasi produk yang
lebih baik, membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan
manajerial lainnya.
Rumah sakit dapat
menggunakn suatu protokol standar seperti internet untuk menggantikan EDI,
yang membutuhkan sambungan yang terpisah di antara setiap vendor dan rumah
sakit. Cap Gemini Ernst & Young telah merangkum suatu bursa perdagangan
klinis (clinical commerce exchange) yang digunakan melalui internet
sebagai ganti dari EDI.
Global Healthcare
Exchange (www.ghx.com) membantu rumah sakit
mengimplementasikan bursa perdagangan klinik. Perusahaan ini telah membantu
satu klien, Cape Fear Valley Health System di Carolina Utara, dalam
membuat satu sambungan bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam waktu
satu jam.
Kecepatan dan
kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley System menunjuk
pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Kecepatan dan efisiensi bursa
perdagangan memungkinkan pembeli mencari alternatif-alternatif yang lebih hemat
biaya.
APLIKASI RITEL
Aplikasi bisnis web
yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian rantai ritel besar
telah hadir di web. Banyak peritel membuat home page mereka yang dapat
secara langsung diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung
dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual
mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali
dan ditemukan dari pada nama toko mereka masing-masing. Cyber Town Mall (www.cybertown.com/malldir.html)
dan 24 Hour Mall (www.24hourmall.com)
adalah dua kumpulan toko seperti itu.
Beberapa operasi ritel
juga mengubah wajah informasi web. Autobytel.com,Inc (www.autobytel.com) menawarkan persediaan
mobil, pendanaan, asuransi, dan layanan-layanan lainnya. Amazon.com (www.amazon.com) telah berkembang dari
hanya menjual buku menjadi menawarkan music, video, barang-barang elektronik
bahkan mainan, dan permainan. Statistik pembelian online juga menarik.
Lebih dari 70 persen pengguna internet melakukan pembelian online selama
setahun. Trendnya adalah semakin banyak belanja online. Satu survei pada
tahun 2003 oleh Harris Interactive (www.harris-interactive.com)
menemukan bahwa konsumen berusia 8 hingga 21 tahun menghabiskan 14 persen
penghasilan mereka secara online.
J. SARAN-SARAN
KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
1. Pastikan situs web Anda
kuat. Ketika Anda memberikan komitmen pada suatu proyek web, bersiaplah
pergi ke luar halaman web dan mengaitkan basis data Anda dengan web melalui
aplikasi-aplikasi Anda. Hal ini memungkinkan Anda mengintegrasikan web ke dalam
sistem informasi berbasis komputer yang Anda miliki dari pada hanya
menggunakannya sebagai satu cara untuk menyediakan dan mendapatkan informasi.
Integritas dengan basis data perusahaan adalah satu hal yang penting.
2. Pastikan browser dan
struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. Hal ini akan
memungkinkan Anda menangani perkembangan di masa mendatang dan memberikan akses
cepat bagi para pengguna.
3. Menekankan isi. Jangan
terjebak pada gambar, audio, dan video sehingga Anda melupakan saran utama
dalam menyediakan informasi. Untuk isi yang kuat, tidak ada yang dapat
mengalahkan naratif dan tampilan bentuk tabel.
4. Sering diperbarui.
Mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu
datang kembali. Pembaruan setiap hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi
banyak perusahaan.
5. Melihat di luar pelanggan.
Gunakan internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsur lingkungan
perusahaan kecuali pesaing tentunya.
6. Tujukan isi pada kebutuhan
spesifik pengguna. Mendorong pengunjung untuk mendatarkan nama, alamat, dan
minat mereka pada situs Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk
menyesuaikan halaman situs Anda sesuai dengan kebutuhan pengguna.
7. Menjadikan internet
intuitif. Lakukan segala hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs web
Anda secepat dan seefisien mungkin. Jangan terlalu banyak menggunakan grafik,
karena akan memperlambat tampilan. Ingat, rancang antar muka dari sudut pandang
pengguna, bukan perusahaan.
8. Berada di lokasi web yang
tepat. Jika situs web Anda tidak menghasilkan lalu lintas sebanyak yang
Anda harapkan, pertimbangkan untuk mengaitkannya dengan situs-situs lain,
seperti situs asosiasi perdagangan dan industri dan organisasi-organisasi
profesional.
9. Ciptakan rasa kebersamaan.
Libatkan penggunaan dalam situs Anda dengan memberikan kesempatan bagi mereka
untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya. Gunakan situs-situs interaktif
web seperti sistem papan buletin dan e-mail.
BAB
3
KESIMPULAN
Perdagangan elektronik (yang biasa
disebut e-commerce) yaitu meliputi transaksi-transaksi bisnis yang
berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka
masing-masing melalui internet. Sedangkan definisi luas yang diberikan
mengenai e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi
operasi internal maupun eksternal perusahaan. Inteligensi bisnis (business
intelligence/ BI) adalah aktifitas pengumpulan informasi mengenai
unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Istilah internet dan world
wide web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. World
wide web adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi
atau kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan
dilihatnya teks, grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link
dengan dokumen-dokumen lain di dalam web.
Saran-saran keberhasilan penggunaan internet yaitu:
1.
Pastikan situs web Anda kuat.
2.
2.Pastikan browser dan struktur basis
data Anda fleksibel maupun intuitif.
3.
Menekankan isi.
4.
Sering diperbarui.
5.
Melihat di luar pelanggan.
6.
Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
7.
Menjadikan internet intuitif.
8.
Berada di lokasi web yang tepat.
9.
Ciptakan rasa kebersamaan.
DAFTAR
PUSTAKA
McLeod,Jr,Raymond.,
Schell, George P. 2008. Sistem Informasi
Manajemen.Jakarta. Salemba Empat
Ecommerce label printer, I choose this one thermal printer
BalasHapusThe post is written in very a good manner and it contains much useful information for me. If you are interested in best label printer, please check the link.
BalasHapusWe "US Shop Tools" manufacturer & Supplier Of Best Round Jaws,Lathe jaws,Strong Chuck jaws,Soft & Hard jaws,Nuts,Machine tools,Metalworking,etc.based in USA
BalasHapusmetal working tools